Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Oleh oleh khas solo – Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya. Solo memiliki Pesona khusus yang bisa membuat siapapun akan betah juga selalu ingin kembali lagi.


Kota Solo memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi. Anda jangan lewatkan untuk hal yang satu dengan mengeksplor semua tempat wisatanya sampai puas.


Setelah anda puas Menikmati keindahan pesona juga ragam budaya dan wisatanya. Anda tentu tak mau melewatkan juga satu tujuan utama lainnya yaitu membeli oleh-oleh khas Solo.


Sangat beragam oleh-oleh dari Kota Solo ini mulai dari berbagai macam kuliner sampai barang-barang kerajinan khas Solo. Makanan dan barang-barang tersebut bisa anda beli dan bawa pulang sebagai buah tangan atau kenang-kenangan bagi keluarga anda.


Berikut 10 ulasan oleh-oleh khas Solo yang terkenal:



Oleh-oleh Khas Solo


1.Serabi Notosuman Solo


Disaat Anda berwisata sudah pasti anda akan merasa lapar dan tentunya makanan merupakan satu hal yang harus anda nikmati. Ada suatu tempat oleh oleh khas solo yaitu makanan khas Solo yang sangat terkenal yaitu serabi Notosuman. Serabi ini merupakan salah satu kuliner di Solo yang patut Anda coba.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : www.brilio.net

Tak berubah tepung, serabi Notosuman ini adalah kue tradisional dicampur dengan santan, setelah menjadi adonan. Kemudian adonan tersebut dituang ke dalam cetakan khusus lalu dibakar menggunakan sebuah tungku dan arang.


Sistem masak menggunakan tungku dan arah ini merupakan cara memasak tradisional yang sudah berlangsung sejak dulu. Rasa dari serabi Notosuman ini ditawarkan dengan beragam rasa, mulai dari message, coklat, potongan pisang dan keju juga nangka.


Harganya pun sangat murah yaitu hanya 2.000 rupiah saja per porsi. Supaya awet untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh serabi ini dibungkus dalam kemasan dan divakum Agar udara tidak masuk.


Nah Jika anda ingin menikmati serabi Notosuman ini alamatnya adalah di Jalan Muhammad Yamin. Buka dari jam 07.00 pagi setiap harinya.


2. Abon Sapi Mesran


Kuliner berikut yang patut juga Anda jadikan oleh-oleh khas Solo adalah abon sapi mesran. Kuliner ini sangat legendaris di Solo. Abon sapi Mesran ini dibuat dari olahan daging sapi dicampur ayam yang rasanya manis pedas bercampur menjadi satu.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : andarastuti.blogspot.co.id

Rasanya karena Ambon ini terbuat dari ayam dan sapi, sangat cocok di makan bersama nasi putih panas. Panganan Ini masa kadaluarsanya sangat lama karena dikemas dan dimasak dengan bahan-bahan yang tahan lama. Jadi anda tidak perlu khawatir membeli abon mesran ini sebagai oleh-oleh khas dari kota Solo.


Satu bungkus abon sapi Mesran ini dijual hanya dengan harga Rp40.000 dan paket besar Rp70.000 ( beda ukuran beda harga).


Baca Juga >> Tempat Populer Beli Oleh-Oleh Khas Bali


3. Intip Solo


Panganan yang satu ini mempunyai nama yang unik yaitu intip. Istilah intip di sini yang dimaksud adalah jenis makanan yang sangat gurih dan renyah. Ini merupakan sebuah jajanan yang layak menjadi oleh-oleh yang ndak patut beli.






style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-5622940348702198"
data-ad-slot="2280901457"
data-ad-format="link">




 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : santosuryo.wordpress.com

Panganan ini berbentuk seperti mangkuk, dasarnya adalah dari kerak nasi yang dijemur sampai kering. Lalu digoreng memakai minyak panas. Dan setelah proses menggoreng kerak nasi tersebut dicetak lalu disiram dengan saus karamel berbahan dari gula jawa.


Rasa yang disajikan sangat gurih dan renyah cocok untuk makanan camilan. Oleh-oleh khas Solo yang satu ini sangat banyak dijual di kota Solo. Harganya berkisar Rp10.000 sampai Rp50.000 tergantung ukuran yang dijual.


4. Wedang Serbat


Satu yang tak kalah nikmat juga adalah sajian minuman selain dari pada makanan. Ada sebuah minuman khas tradisional Solo bisa membuat badan Anda hangat dan nyaman yaitu wedang serbat.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : www.serbatjangkrikmas.com

Wedang serbat Solo juga patut Anda jadikan oleh-oleh yang bisa untuk orang di rumah. Tapi jangan salah sangka dulu minuman satu ini tidak berbentuk cair. Namun berbentuk seperti sebuah tablet berbentuk besar terbuat dari jahe dan rempah-rempah.


Cara penyajiannya, anda bisa langsung menyeduhnya di dalam air panas atau hangat. Serbat ini juga disa anda konsumsi layaknya memakan sebuah permen. Kebanyakan serbat dijual berbentuk panjang dan di dalamnya berisi ada beberapa tablet serbat.


Soal harga Jangan khawatir terbaru juga murah cukup terjangkau bagi kantong anda. Jadi silakan bagi Anda yang ingin menjadikan serbat sebagai oleh-oleh orang di rumah. Karena momiji khasiat menyehatkan dan bisa menghangatkan tubuh.


5. Ampyang


Berikut adalah sebuah panganan yang sudah sangat terkenal dan sangat legendaris. Tidak hanya bagi orang Solo tetapi bagi seluruh rakyat Indonesia satu panganan ini.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : www.panorama-jtb.com

Oleh oleh khas solo yang tahan lama ini namanya Ampyang, begitulah makanan ini disebut. Terbuat dari gula merah, kacang dan air jahe. Teksturnya berbentuk agar keras tetapi lembut dan lumer ketika dimakan.


Cara membuatnya mudah, Kacang tanah mencampurkan langsung dengan gula merah dicampur air jahe. Ketiga bahan tadi diaduk sampai mengental lalu adonan tersebut dibentuk menjadi sebuah lempengan berbentuk bulat agak lonjong. Lalu dibiarkan sampai kering mengeras dan siap disajikan.


Ada beberapa jenis Rasa yang ditawarkan yaitu pedas manis gurih. Harganya sangat murah sekali yaitu Rp4.000 sampai Rp50.000 dengan kemasan besar.


Jadi jika anda yang berkunjung ke Solo bisa membeli panganan ampyang sebagai oleh-oleh.


Baca Juga >> 10 Oleh-oleh Khas Banjarmasin


6. Kue Solo Prabu


Berikut adalah oleh oleh khas solo terbaru yaitu oleh-oleh dengan panganan yang kekinian yang memiliki cita rasa manis lembut. Panganan tersebut yaitu kue Prabu Solo. Kue Prabu Solo adalah kue yang berbahan pastry dengan lapisan cream bertabur topping.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : @soloprabu

Nama kuenya unik bertemakan Jawa ( kue Prabu Solo) Dengan beberapa varian kue yang disajikan dengan nama para tokoh pewayangan; Semar keju, Petruk tiramisu, Gareng Black velvet.


Harganya agak sedikit tinggi, maklum namanya juga kue kekinian jaman now. Harganya mulai dari Rp40.000 sampai Rp55.000 per satu kotak kue.


7. Kue Solo Pluffy


Tidak kalah dengan kue Solo Prabu Solo juga mempunyai kue kekinian lainnya yaitu kue Solo pluffy. Usaha kuliner kue Solo pluffy ini milik seorang aktris atau Jakarta yaitu aktris Jessica Mila.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : soloevent.id

Kue Solo pluffy memiliki tekstur lembut dan berbentuk bundar besar, memiliki rasa yang sangat enak. Dengan banyak varian rasa yang ditawarkan yaitu Original, green tea cornflake, choco cornflake, cheese dan strawberry.


Harga satu kotak kue Solo pluffy adalah Rp 40.000 sampai Rp 58.000. Anda bisa mendapatkan panganan ini di toko Solo pluffy Jalan Ronggowarsito. Tempat ini buka mulai jam 07.00 pagi sampai jam 22.00 malam setiap harinya.


8. Batik Solo


Setelah tadi kita membahas oleh-oleh yang berbentuk makanan dan minuman Sekarang saatnya kita mengintip oleh-oleh berbentuk fashion.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : batikbagoessolo.blogspot.co.id

Oleh oleh khas surakarta yaitu batik. Batik merupakan salah satu peninggalan sejarah di Indonesia dan yang terbesar ada di pulau Jawa. Salah satunya berada di Solo Jawa Tengah.


Kota Solo merupakan salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia Batik Solo begitu sebutannya. Salah satu andalan kota Solo yaitu batiknya biasa orang menyebutnya dengan sebutan batik Solo.


Orang yang berjualan batik Solo sangat banyak tersebar di kota ini. Beragam varian batik bisa anda dapatkan mulai dari berbentuk kain jarik Jawa, kemeja, tas, dompet dan bentuk lainnya.


Tempat rekomendasi berbelanja batik Solo adalah di Pasar Klewer, Kampung batik Kauman, Kampung batik Laweyan. Pusat-pusat grosir lainnya di kota Solo juga tidak kalah dengan tempat-tempat tersebut.


Harganya cukup bersahabat dengan kantong anda. Tapi jika anda ingin yang high class tinggi Anda bisa berbelanja di batik Danar Hadi Jalan Brigjen Slamet Riyadi.


9.Kerajinan Tangan


Solo terkenal dengan para jawara seniman, diantaranya seniman kerajinan tangan. Sangat banyak kerajinan tangan di kota Solo. mulai dari wayang, miniatur candi, miniatur sepeda dan lain-lain.


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : www.tripadvisor.co.id

Setiap sudut kota Solo ada menjual beragam kerajinan tangan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Solo. Harga yang ditawarkan cukup beragam tergantung model dan jenis kerajinan tangan yang dijual.


Anda bisa mendapatkan kerajinan tangan ini banyak dijual di alun-alun kota Solo. Jika ingin lebih bagus Anda bisa singgah ke Keraton Surakarta ada menyediakan berbagai macam jenis kerajinan tangan. Ini bisa menjadi salah satu souvenir khas solo.


10.Barang Antik


 Solo sangat dikenal dengan budaya dan keramahan warganya Beragam Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal
Source : asedino.wordpress.com

Pasar triwindu adalah pusat yang menjual barang-barang antik. Menjajakan beragam jenis benda peninggalan sejarah zaman dahulu. Benda tersebut seperti gramafon, keris, lemari-lemari antik, sepeda, piring, porselen dan masih banyak benda antik lainnya yang unik.


Baca Juga:



Maps Pusat Oleh-oleh Solo


Jika anda sedang berkunjung ke Solo dan ingin membeli oleh-oleh khas solo? Anda dapat mencarinya di Maps berikut :



Demikian pembahasan rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang bisa anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Semoga bermanfaat.



Please write your comments