10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Dapat Dibeli - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Dapat Dibeli

10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Dapat Dibeli

Oleh oleh khas Jakarta – Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan-jalan dan berwisata, anda akan banyak menemui tempat wisata modern maupun wisata sejarah.


Wisata modern menyerupai Ancol, Monas, Dufan dan masih banyak lagi wisata modern lainnya. Jika wisata sejarah yang ingin anda kunjungi Anda sanggup ber Pelesiran ke Kota Tua Jakarta.


Jika anda berwisata sudah niscaya pasangannya yaitu makanan dan minuman. Di ibukota Jakarta banyak oleh-oleh khas Jakarta yang sanggup anda beli sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan untuk dibawa pulang.


Berikut beberapa oleh-oleh khas Jakarta yang sanggup anda beli:



Oleh-oleh Khas Jakarta


1. Roti Buaya


Panganan yang satu ini sudah sangat tidak aneh bagi warga Jakarta khususnya dan umumnya. Warga seluruh Indonesia telah mengetahui apa itu roti buaya. Karena roti buaya sudah sangat populer sebagai oleh-oleh khas Jakarta.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : www goodindonesianfood com

Roti ini merupakan makanan khas orang orisinil Betawi. Makanan ini biasa dijadikan sebagai seserahan pada ketika acara-acara moral ijab kabul Betawi.


Roti ini menyerupai namanya buaya maka bentuknya juga menyerupai buaya maka dinamakan roti buaya. Kenapa dinamakan roti buaya? orang Betawi mengambil icon buaya.


Buaya yaitu hewan yang setia pada satu pasangan (Lambang kesetiaan). Sehingga roti ini biasa dibawa sebagai bawaan seserahan pada ketika program ijab kabul di tanah Betawi kini Jakarta.


Kembali lagi pada roti buaya, panganan ini bercita rasa elok gurih dengan varian rasa yang bermacam-macam tetapi bentuknya tetap menyerupai buaya.Harganya pun tidak terlalu mahal, sanggup anda beli di segala penjuru Jakarta ada dijual.


Jadi roti buaya sanggup menjadi acuan sebagai oleh-oleh khas Jakarta yang sanggup anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.


2. Dodol Betawi


Yang berikut yaitu panganan dodol betawi. Panganan ini berbentuk kenyal dan sangat elok rasanya. Dodol banyak tersebar di seluruh Nusantara sebagai makanan khas daerah masing-masing.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : oleholehbekasi co id

Di Jakarta juga ada sebuah dodol yang sangat populer namanya dodol betawi. Dodol betawi ini yaitu oleh oleh khas jakarta selatan.


Dodol betawi mempunyai tekstur yang agak kenyal dan lembut ketika digigit dan mempunyai rasa gurih serta manis. Bahan dasar pembuatannya yaitu ketan putih dan gula merah, ada juga varian lainnya terbuat dari ketan hitam dan durian.


Jadi bagi para pecinta dodol kalau anda berkunjung ke Jakarta jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Dodol betawi sebagai oleh-oleh khas Jakarta ketika anda mau pulang.


3. Kue Semprong


Kue semprong bertekstur garing dan renyah. Bentuknya yang menyerupai tabung panjang dengan warna coklat keemasan dan wangi harum serta crispy akan menciptakan anda terpengaruhi untuk membelinya.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : id pinterest com

Oleh oleh khas jakarta barat ini sangat laku dibeli untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Rasanya yang manis, renyah dan gurih menciptakan banyak orang suka untuk mengkonsumsinya.


Jadi untuk anda yang berpelesir ke Jakarta jangan lupa memborong salah satu oleh-oleh khas Jakarta ini sebagai hadiah untuk orang di rumah.


4. Bir Pletok


Berikutnya oleh-oleh yang satu ini sudah sangat populer di Jakarta. Orang se-indonesia pun mengenalnya. Oleh-oleh ini berbentuk minuman bukan makanan yaitu Bir pletok.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : ningharmanto wordpress com

Dari namanya saja sudah niscaya banyak orang mengira bahwa ini yaitu sejenis bir yang memabukkan, tentu tidak minuman yang satu ini tidak menciptakan anda mabuk alasannya tidak mengandung alkohol sama sekali.


Bahan-bahan yang digunakan untuk menciptakan bir pletok ini dari rempah-rempah antara lain daun pandan, jahe, batang serai dan rempah-rempah jenis lainnya. Minuman ini sangat menyehatkan dan menciptakan badan Anda nyaman, menghilangkan pegal-pegal dan masuk angin.


Kenapa dinamakan pletok alasannya di ketika pembuatannya. Minuman ini airnya direbus dan akan mengeluarkan suara yang berletup letup atau pletok pletok, makanya dinamakan bir pletok.


Bir pletok dijual dalam dua bentuk yaitu bentuk botolan yang berisi air bir pletok tersebut juga dalam bentuk serbuk. Makara gampang dan mudah untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Jakarta.


5. Kue Kembang Goyang


Kita beralih ke salah satu panganan yang menjadi oleh-oleh khas Jakarta berbentuk snack yaitu makanan ringan elok kembang goyang khas Jakarta.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : readingsocially com

Panganan yang terbuat dari tepung dan gula ini mempunyai tekstur agak keras tetapi renyah dan gurih ketika digigit, dengan rasa elok yang pas. Kue kembang goyang ini bentuknya menyerupai bunga matahari. bahan-bahannya antara lain tepung beras, gula, vanili, telur, dan sedikit perasaan jahe.


Panganan ini banyak dijual di tempat oleh oleh di jakarta. Kue ini sangat awet sehingga sanggup dijadikan oleh-oleh yang anda bawa ketika perjalanan pulang ke kota anda.


Baca Juga >> 10 Oleh-oleh Khas Jepara Terbaru Paling Rekomended


6. Kue Geplak


Berikutnya yaitu oleh oleh khas jakarta murah lainnya yaitu panganan tradisional yang sudah sangat jarang ditemui di Betawi atau Jakarta. Kue geplak namanya, makanan ringan elok ini harganya relatif murah.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : www indonesiakaya com

Sama menyerupai roti buaya makanan ringan elok geplak ini biasa dibawa sebagai seserahan pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan di ketika pernikahan. Kue berbahan dasar beras ini warnanya kecoklatan dengan ada bercak putih di atasnya.Rasanya sangat elok juga lembut.


Kue ini dibentuk dengan proses perataan gabungan memakai tangan yang ditepuk-tepuk atau disebut di geplak. Panganan ini sanggup dijumpai di tempat Bintaro.


Banyak sekali home industri sanggup anda jumpai di sana. patut juga Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jakarta.


7. Keripik Aneka Buah


Berikutnya kita beralih ke oleh oleh khas jakarta yang kekinian. Keripik aneka buah-buahan. Meskipun berbentuk keripik tetapi keripik aneka buah ini merupakan oleh-oleh khas Jakarta.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : mamikos com

Keripik ini terbilang gres atau kekinian dibandingkan oleh-oleh khas Jakarta yang ada di atas. Kripik bukan hanya terbuat hanya dari kentang dan Singkong saja tetapi juga sanggup dibentuk dari aneka buah-buahan dan sudah niscaya sangat sehat bagi badan anda.


keripik aneka buah ini juga banyak diburu oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan rasa yang gurih dan renyah serta rasa elok yang tidak terlalu menciptakan keripik ini laku terjual.


Keripik ini berbahan dasar buah nangka salak pisang apel dan nanas. Sangat layak Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.


8. Telor Gabus Keju


Telor gabus keju merupakan oleh oleh khas jakarta terbaru. Walaupun terbilang gres telur gabus keju juga merupakan makanan legendaris masyarakat Betawi.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : resepmasakandapurindonesia blogspot com

Panganan ini berasal asin dan gurih renyah bentuknya lonjong memanjang dengan materi dasar tepung sagu, telur, keju, mentega, garam. Karena berbahan dasar mayoritas keju maka disebut lah telur gabus keju cocok untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.


9. Souvenir Ondel Ondel


Tak kalah populer dengan oleh-oleh khas Jakarta menyerupai disebutkan diatas salah satu oleh-oleh khas Betawi yang satu ini merupakan ikon Kota Jakarta. Anda sudah niscaya mengetahuinya, ya namanya ondel-ondel.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : beritafotojakarta wordpress com

Souvenir ondel-ondel sanggup anda dapatkan dengan banyak sekali macam bentuk. Mulai dari topeng ondel-ondel, baju ondel-ondel, gantungan kunci, magnet yang ditempel di kulkas, miniatur patung ondel-ondel dan boneka ondel-ondel.


Souvenir ini banyak diburu dan dibeli oleh para wisatawan domestik dan mancanegara alasannya merupakan ikon Kota Jakarta.


10. Miniatur Monas


Salah satu ikon Jakarta lainnya yaitu Tugu Monas makanya banyak sekali oleh-oleh berbentuk Tugu Monas ini dibuat, namanya miniatur Monas.


 Jika anda berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli
Source : rizkyabadiplakat wordpress com

Semua orang niscaya mengenal Tugu Monas mulai dari Sabang hingga Merauke. Tugu yang mempunyai histori sejarah yang sangat populer ini digunakan sebagai ikon utama Kota Jakarta.


Banyak pengrajin menciptakan Tugu Monas ini sebagai souvenir miniatur Tugu Monas yang dijual untuk oleh-oleh khas Jakarta bagi wisatawan mancanegara maupun domestik.


Baca Juga >> Panduan Wisata Pulau Bawean Surga Tersembunyi di Indonesia


Maps Lokasi Pusat Oleh-oleh di Jakarta


Jika anda ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang tetapi belum begitu paham jalan menuju sentra oleh-oleh? Jangan khawatir, alasannya anda sanggup melihat nya di Maps berikut


Sekian pembahasan bermacam-macam oleh-oleh khas Jakarta yang sanggup anda beli dan bawa pulang sebagai kenang-kenangan bagi anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.



Please write your comments