Pantai Banyunibo, Sensasi Wisata Di Daerah Gunungkidul - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Pantai Banyunibo, Sensasi Wisata Di Daerah Gunungkidul

Pantai Banyunibo, Sensasi Wisata Di Daerah Gunungkidul

Pantai Banyunibo yakni sebuah pantai yang berada di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta. keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Seperti kita ketahui bersama jika, pantai yang berada di Gunung kidul memang esoktis. Semuanya bagaikan patahan nirwana yang turun dari langit.


Apalagi, daerah Gunungkidul populer dengan pesona karang yang dapat dinikmati. Tidak hanya di bibir pantainya saja. Dalam pantai pun tempat ini mempunyai keindahan sempurna. Sehingga, berbagai ikan-ikan kecil nan lucu berenang dan bermain disini, ketika air bahari sedang pasang.



Mengenal Pantai Banyunibo


Nama daerah ini berasal dari bahasa jawa. Dimana, bahasa jawa yakni bahasa yang sering dipakai oleh sebagian besar masyarakat Gunungkidul. Banyu artinya yakni air. Kemudian, Nibo artinya yakni jatuh. Bila disatukan banyunibo berarti air yang jatuh.


Maksud dari air yang jatuh ini yakni air terjun. Kawasan ini memang mempunyai dua pesona alam sekaligus. Air terjun dan juga pantai berpadu sehingga membentuk sebuah daerah wisata yang elok nan cantik. Tidak bosan bila dipandang oleh mata. Baca juga: Pantai Coro Tulungagung.


Sisi Indah Pantai Banyunibo


Pantai Banyunibo yakni sebuah pantai yang berada di wilayah Gunungkidul Pantai Banyunibo, Sensasi Wisata di Kawasan Gunungkidul
foto: https://www.instagram.com/tentangjogjaid/

Banyak yang bilang daerah ini sulit untuk dijangkau. Kondisinya yang menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin tau dengan daerah ini. lelah keringat yang bercucuran akan terbayar bila hingga di pantai ini.


Keindahannya memang bagaikan patahan surga. Dimana, wisatawan akan dihibur dengan hijaunya perbukitan menjulang yang menjadi menunju daerah ini. bibir pantainya tidak terlalu panjang. Seperti halnya beberapa pantai di wilayah ini. karang tersebar dimana-mana yang menambah daya pikat dari daerah ini.


Nah, kalau di tempat lain menyerupai halnya di bendo tritis. Ada grojogan yang turun ke pasir dan airnya akan bermuara ke laut. Kalau di daerah ini sedikit berbeda. Memang sih, air terjunnya turun eksklusif ke laut. Tetapi, airnya akan menerjang karang-karang yang menjadi penghalau ombak ganas. Kunjungi juga: wisata Pantai Akkarena.


Pesona Pantai


Bisa dibilang daerah ini memang mempunyai 2 pesona dengan dua tempat. Hanya saja, jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan bibir pantai. Dan susah untuk dikunjungi. Wisatawan hanya dapat menikmatinya dari titik yang tidak mengecewakan jauh. Walaupun, mata ini akan meleleh melihat keindahannya.


Waktu yang paling tepat berkunjung ke daerah ini yakni sore hari. Dimana, terik matahari tidak terlalu panas menyengat tubuh. Selain itu, ombak yang sudah bertahap mengganas, akan menunjukkan pengaruh yang berbeda. Saat menerjang karang dan riam ini masih turun dengan debit air yang tidak terlalu deras.


Disini, wisatawan tidak dapat berenang atau bermain air. Cukup membisu dan melihat pesona bahari biru nan esoktis. Serta karang-karang tajam. Rasakan kesejukan ketika semilir angin menerpa kulit. Sungguh rasanya tak ingin pergi dari tempat ini.


Perlu diketahui bila riam ini jatuh dari anutan sungai yang melintas. Jadi, dapat dibilang riam ini bukanlah berasal dari alam. Jika, wisatawan pernah ke riam parangtritis. Keduanya hampir mirip. Lihat juga: Pantai Boom Tuban.


Sisi Lain Pantai Banyunibo


Pantai Banyunibo yakni sebuah pantai yang berada di wilayah Gunungkidul Pantai Banyunibo, Sensasi Wisata di Kawasan Gunungkidul




style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-5622940348702198"
data-ad-slot="1860321268">




foto: https://www.instagram.com/astripezet/

Sisi lain yang dapat dinikmati dari daerah ini yakni perbukitan hijau nan memanjakan mata. Rasanya, wisatawan akan dibawa naik gunung, kemudian berhenti sejenak sebab disitu yakni danau yang luar biasa. Seperti itulah rasanya, ketika wisatawan tetapkan untuk mengunjungi daerah ini.


Jangan hanya berdiam diri saja, sebab daerah ini juga paling cocok untuk diabadikan setiap momennya. Oleh sebab itu, jangan lupa membawa senjata wajib seorang petualang yaitu kamera. Agar kenangan yang tercipta akan selalu terkenang hingga kapan pun.


Setelah puas berada disini, jangan pulang dulu ya, sebab masih ada sisi indah yang lain yang wajib untuk dikunjungi. Tepatnya berda di atas puncak air terjun. Disini ada rumah yang berdiri. Wisatawan dapat juga menikmati panai ini dari sini.


Bisa kebayang bukan, menikmati keindahan ini dari atas ini. hamparan bahari berwarna biru terhampar didepan mata, dengan riam yang elok dan langit cerah. Sungguh latar belakang yang sempurna. Dijamin, berada di sini, wisatawan niscaya akan iri,


Bagaimana tidak? Rumah ini bangun diantara keindahan yang setiap hari akan dilihatnya. Terlebih ketika pagi hari duduk didepan dengan segelas teh hangat. Sungguh syahdu nian hidup ini bila dapat menikmati apa yang sedang dibayangkan ini.


Di daerah ini pun juga menyediakan area camping. Jadi, bila wisatawan ingin menikmati daerah ini cobalah untuk camping. Lihatlah bintang malam yang terhampar luas di langit malam. Hingga pesona matahari terbit muncul dan menyebabkan impian baru. Biasanya, pada ketika hari libur, area camping ini akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin menikmatinya. Baca juga: Pantai Banyu Anjlok Malang.


Alamat Dan Rute Lokasi Pantai Banyunibo


Pantai Banyunibo yakni sebuah pantai yang berada di wilayah Gunungkidul Pantai Banyunibo, Sensasi Wisata di Kawasan Gunungkidul
foto: https://www.instagram.com/yasuspade_/

Alamat Pantai Banyunibo berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. menyerupai yang sudah tertuliskan diatas. Jika, daerah ini sulit untuk dilalui oleh kendaraan apa pun. jalan satu-satunya dan menjadi jalan termudah yakni melalui pantai siung.


Karena, kedua daerah ini cukup dekat. Atau lebih tepatnya lagi dari bukit pengilon. Tetapi, berjalan menuju ke pantai banyunibo memang diharapkan kesabaran ekstra. Tanjakan layaknya pegunungan akan tersaji di depan mata. Dimana, bebatuannya tidak cukup ramah, sehingga harus berjalan menanjak.


Jangan lupa siapkan barang perbekalan berupa minuman. Karena, di sekitar daerah tidak ada warung. Saran dari saya nih, kalau memang merasa capek lebih baik istirahat. Perjalanan tracking tergantung dari kita sendiri. Tetapi, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 – 30 menit.


Selain menanjak jalan yang akan dilalui oleh wisatawan juga merupakan jalan setapak yang juga dilalui oleh para warga untuk beraktifitas menyerupai memancing. Jadi, bila wisatawan punya hobi memancing, bolelhlah untuk mencoba daerah ini.


Jangan takut bertanya supaya tidak kesasar dijalan. Maklum saja, daerah ini mempunyai banyak percabangan yang sedikit membingunkan. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk bertanya kepada penduduk sekitar.


Siapa tahu berjodoh. Itulah rute pantai banyunibo yang dapat diakses wisatawan bagaimana, tertantang untuk mengunjungi daerah ini? Baca juga: Pantai Cemara Sewu.


Harga Tiket Masuk Pantai Banyunibo


Pantai Banyunibo yakni sebuah pantai yang berada di wilayah Gunungkidul Pantai Banyunibo, Sensasi Wisata di Kawasan Gunungkidul
foto: https://www.instagram.com/astripezet/

Lalu, berapa harga tiket pantai banyunibo? Kawasan ini tidak dipungut biaya, sebab memang daerah yang susah untuk dijangkau. Kalau berangkat dari air tejun banyunibo. Wisatawan hanya akan dikenakan tarif parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan beroda empat dan 3 ribu rupiah untu motor.


Jika, berangkat dari pantai siung. Maka, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk pantai siung sebesar 5 ribu rupiah ditambah dengan biaya parkir sebesar 10 ribu untuk mibil dan 5 ribu untuk motor. Ditambah lagi biaya naik bukit yang dikenakan tarif sekitar 2 ribu hingga 5 ribu rupiah. Baca juga: Pantai Baron Gunungkidul


Lokasi pantai banyunibo gunungkidul memang tergolong sebagai tempat ekstrem dan menantang. Pergi berlibur kekawasan ini dapat dibilang yakni sebuah kewajiban. Apalagi, bagi wisatawan yang selalu ingin memacu adrenalin dan mempunyai jiwa petualang. Datang dan nikmati eloknya daerah pantai banyunibo hanya di Gunungkidul, Yogyakarta.



Please write your comments