Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor

Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor

Bogor, memang kota yang satu ini kaya akan wisata alam. Salah satunya yaitu curug cigamea yang merupakan tempat wisata air terjun di bogor yang terletak di kawasan gunung salak ampir sama dengan curug nangka yang sudah di bahas oleh tim MyTrip123 di bagian sebelumnya.


 memang kota yang satu ini kaya akan wisata alam Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor


Curug cigame memiliki dua macam air terjun yang mempunyai karakter yang berbeda, air terjun yang pertama terletak tidak jauh dari pintu masuk yang mempunyai karakter berupa dinding tebing yang curam dengan bebatuan yang didominasi oleh warna hitam .sedangkan air terjun ke dua terletak di agak jauh dari pintu masuk yang berjarak sekitar 30 M dari air terjun yang pertam Air terjun ke dua atau air terjun utama curug cigamea ini mempunyai ketinggian 50 meter dari dasar air terjun. kolam air terjun kedua ini bisa digunakan untuk berenang karena memiliki area yang luas tdiak seperti di air terjun yang pertama dengan kolam yang sempit.


Area kedua air terjun tersebut sangat rimbun dengan banyaknya tumbuhan ala hutan tropis yang membuat air tejun ini terasa sejuk dan alami.



Lokasi / Alamat Air Terjun Cigamea


Air terjun ini berlokasi di di Ds Gunungsari, Kec Pamijahan, Kab Bogor, Prov Jawa Barat.


Anda juga dapat mencari lokasi air terjun tersebut menggunakan bantuan GPS dengan Peta Koordinat GPS: 6° 41′ 40.30″ S 106° 41′ 8.48″ E.


Baca Juga : Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Paling Sering di Kunjungi


Rute Menuju Curug Cigamea


Air tejun cigame mempunyai jarak kurang lebih 42 kilometer dari pusat kota bogor. Untuk menuju lokasi tersebut ada empat jalur yang bisa di lewati di antaranya yaitu :



  1.  cemplang/ cibungbulang -> pamijahan-> salak endah

  2.  Cikampek -> salak endah

  3. Cibatok -> salak endah

  4. Tamansari -> gunung bunder -> salak endah


Kebanyakan orang memilih jalu yang pertama yaitu via cemplang -> pamijahan -> salak endah karena dengan melewati rute tersebut dirasa lebih dekat dari jalan raya bogor – leuwiliang dan juga rute tersebut memiliki jalan yang lebih bagus dari ke tiga rute lainya.


jika anda melalui rute tersebut mempunyai jarak 38 km hingga sampai ke kawasan wisata salak endah dari pusat kota bogor. selanjutnya anda harus melanjutkan perjalanan sejauh 4 km untuk dapat sampai ke pitu gerbang curug cigamea. Setalah sampai di pintu gerbang curug cigamea anda harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jalan yang dilewati yaitu jalan setapak menyusuri lembah dengan jarak sekitar 350 meter hingga sampai ke curug nangka.


Untuk kondisi jalan setapak pun sudah di rasa baik, Dengan jalan yang sudah dilapisi dengan batu sehingga tidak licin dan berdebu ketika musim hujan ataupun musim kemarau. Di sepanjang jalan terdapat selter untuk beristirahat sambil menikmatu hawa sejuk ala pegunungan.


Bagi anda yang memanfaatkan kendaraan umum untuk menuju tempat ini, anda dapat memulai perjalanan dengan menaiki angkot di terminal Barangsiang jurusan bubuluak, sesampai di bubuluwak lanjutkan lagi degan menaiki angkot jurusan leuwiliang dan berhenti di pertigaan cipatok. Selanjutnya naik angkot lagi dengan jurusan gunung picung hingga sampai di pemberhentian angkot tersebut. Dari pemberentian tersebut dilanjutkan dengan jalan kaki atau bisa juga dengan naik ojek hingga sampai ke kawasan wisata salak endah.


 memang kota yang satu ini kaya akan wisata alam Curug Cigamea, Pesona Wisata Air Terjun di Bogor


Harga Tiket Masuk Curug Cigamea


Sebelum sampai ke curug cigamea anda harus melewati kawasan wisata gunung salak endah dan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 7000 / orang . Dan  Untuk harga tiket masuk curug cigamea yaitu Rp. 3500 / orang.


Fasilitas di Curug Cigamea



  • Jalan yang cukup baik

  • Pos jaga

  • tempat istirahat

  • banyak tersedia penginapan


Terimaksih anda baru saja membaca artikel Curug Cigamea wisata air terjun di bogor.


Baca Juga : Daftar 23 Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya Paling Indah



Please write your comments