15 Daerah Wisata Kuliner Di Semarang Yang Harus Anda Coba - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

15 Daerah Wisata Kuliner Di Semarang Yang Harus Anda Coba

15 Daerah Wisata Kuliner Di Semarang Yang Harus Anda Coba

Wisata masakan semarang. Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan, terutama ketika sedang berada di tempat baru. Apalagi bagi Anda yang memang bahagia merasakan berneka macam kuliner dan mempunyai pengecap yang toleran terhadap semua rasa.


Beruntunglah Anda lantaran tinggal di Indonesia yang kaya akan rempah sehingga menghasilkan banyak masakan bercita rasa tinggi. Bahkan beberapa kuliner yang merupakan resep bebuyutan dari nenek moyang kita sering kali mendapat penghargaan sebagai kuliner terenak di dunia.


Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah pun tak ketinggalan untuk menyajikan bermacam-macam pilihan kuliner yang akan bisa mneggoyang pengecap Anda. Perpaduan rasa antara Jawa, Cina, dan Arab disajikan dalam satu sajian menciptakan indra pengecapan pun merasa sangat puas.



Wisata Kuliner Semarang


Jika Anda kebetulan sedang berada di Semarang dan ingin berburu kuliner, tidak perlu bingung. Di bawah ini akan kami sajikan beberapa tempat wisata masakan di Semarang yang sangat recommended untuk Anda kunjungi.


1. Bebek Muda Sambal Mangga di Waroeng Kaligarong


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba


Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang dan sedang berada di sekitaran Simpang Lima. Jangan lupa mampir ke Waroeng Kaligarong.


Berlokasi di JL.D.I.Panjaitan no. 64 dan Jl. Majapahit No. 330 Ruko C dan D. Waroeng Kaligarong hanya 600 meter dari Simpang Lima.


Restoran ini menyajikan beraneka ragam sajian khas nusantara. Diantaranya adalah:



  • Ayam Kaligarong dengan sambal matah yang pedas dan segar

  • Tumis Bunga Kecombrang

  • Tumis Daun Pepaya

  • Nasi Bakar Bunga Kecombrang

  • Cumi Hitam Sambal Mangga dan signature dish-nya

  • Bebek Goreng Muda Sambal Mangga


Restoran ini memakai setengah ekor angsa muda yang dagingnya diklaim lebih manis, empuk dan tidak berbau. Jangan lupa dimakan dengan sambal mangganya yang segar, asam dan nagih. Nasi satu porsi dijamin gak akan cukup untuk makan dengan sambal mangga ini!


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba


Selain sajian makananya yang beragam, Waroeng Kaligarong juga memperlihatkan sajian minuman yang sangat bervariasi. Mulai dari minuman kekinian menyerupai Ice Chocolate Orange dan Mango.


Selain itu juga terdapat minuman tradisional menyerupai Asem Aren, Beras Kencur dan masih banyak lagi. Tersedia juga bermacam-macam sajian es yang segar menyerupai Es Kuwud khas Bali, Es Tape Ijo, Es Bruno. Dan masih banyak pilihan lain yang sayang sekali kalau Anda lewatkan.


Harga yang dipatok oleh Waroeng Kaligarong sangat ramah di kantong. Hanya dengan 28 ribuan, kau sudah puas dengan gurihnya Bebek Goreng dan sambal yang pedas dan segar.


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Waroeng Kaligarong buka setiap hari pukul 10.00-22.00. Untuk reservasi atau warta lebih lanjut silahkan hubungi (024)3555300 WA: 087731345445 LINE: @waroengkaligarong


2. Bebek Goreng Pak Thori


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @nurinalistyani


Tempat wisata masakan di Semarang dan sekitarnya yang sudah sangat populer akan kelezatannya ialah Bebek Goreng Pak Thori. Selain angsa goreng, di warung ini juga tersedia angsa bakar, ayam bakar/goreng, burung dara, lele, gongso tebas hingga nasi goreng.


Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat. Dengan membayar 24.000 rupiah, Anda bisa mendapat seporsi bebek, dua macam sambal, nasi, dan lalapan. Dua macam sambal tersebut ialah sambal hijau dengan tingkat pedas yang tidak mengecewakan dan sambal merah yang tidak terlalu pedas. Sedankan lalapannya terdiri dari daun kemangi, kol, dan mentimun iris.


Bebek Pak Thori memang sangat lembut dan empuk namun tidak menciptakan dagingnya hancur dan bumbunya terasa hingga ke dalam. Maka tak heran kalau warung yang berada di Jalan Manyaran Gunungpati Km.15 Semarang ini selalu ramai dikunjungi. Bahkan bagi yang tidak doyan angsa pun bisa jatuh cinta dengan cita rasanya yang luar biasa.


3. Angkringan Gaul Ampiran 3


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba image via Jawa.be


Tempat wisata kuliner di Semarang murah yang sedang digandrungi anak muda ialah Angkringan Gaul Ampiran 3. Seperti namanya, warung ini memang menyajikan sajian layaknya angkringan di tempat lain, menyerupai nasi kucing, gorengan, serta beraneka macam sate.


Akan tetapi angkringan ini mempunyai konsep yang sedikit berbeda lantaran sudah dilengkapi dengan free wifi dan live concert music. Maka tak heran kalau banyak yang betah nongkrong berlama-lama di tempat ini. Angkringan Gaul Ampiran 3 berlokasi di Jalan Durian Raya 29C, Banyumanik.


Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Semarang Terbaru dan Paling Menarik


4. Soto bangkong


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @agung.praptapa


Kuliner khas Semarang yang murah meriah dan sangat direkomendasikan untuk Anda salah satunya ialah soto bangkong. Soto ini dinamai demikian lantaran dijual di Jalan Bangkong, yang ketika ini berganti nama menjadi Jalan Brigjen Katamso.


Namun sebelum mempunyai warung sendiri, awalnya soto bangkong dijajakan dengan cara dipikul berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Kuliner khas Semarang ini merupakan kuliner yang sudah cukup renta lantaran sudah dikenalkan semenjak tahun 1950 an.


Soto yang satu ini bahwasanya sama menyerupai soto lain. Dengan isian bihun, ayam suir dan bawang goreng yang diberi kuah segar.


Namun entah mengapa ketika dicicipi rasanya terasa sedikit berbeda dan jauh lebih enak dan luar biasa. Untuk bisa mendapat semangkok soto bangkong Anda hanya perlu membayar 9.000 rupiah saja. Dan bagi Anda yang ingin merasakan sajian lain, di warung ini juga tersedia ayam goreng dan agresif asem.


5. Pesta Keboen


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @pestakeboen


Jika Anda sedang ingin makan enak sambil menikmati suasana khas tempo dulu ala-ala Belanda, datanglah ke Pesta Keboen. Restoran enak di Semarang ini terlihat sangat unik lantaran bangunannya yang bergaya Eropa dengan pilar dan jendela yang besar.


Pesta Keboen berada di Jalan Veteran nomor 29 Semarang dengan nomor telepon 024 8310620 dan 024 8453737. Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk urusan pemesanan atau keperluan lain yang terkait dengan restoran ini. Pesta Keboen sudah bisa didatangi semenjak pukul 10 pagi dan akan ditutup kalau sudah pukul 10 malam.


Beberapa pilihan sajian western maupun nusantara dihadirkan untuk menyenangkan hati pelanggan setianya. Misalnya sup, ikan gurame, nasi buntut goreng, nasi ayam asap, es kopyor hingga beef cordon bleu.


Restoran ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu outdoor dan indoor. Bagian outdoor diperuntukkan bagi orang yang merokok dan bahagia dengan suasana luar ruangan dengan angin semilirnya. Sedangkan kepingan indoor ialah no smooking area dengan memanfaatkan AC sebagai pendingin di ruangan tersebut.


6. Pelangi Cafe Semarang


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @ufa4869


Pelangi Cafe Semarang merupakan salah datu wisata masakan di Semarang terbaru yang selalu ramai oleh pembeli. Menu utama dari cafe ini ialah cheese chiffon cake dan ice cream yang meleleh di pengecap dan bisa mengusir gerah.


Banyak anak muda yang mengunjungi Pelangi cafe untuk sekedar hangout maupun mencari santapan lezat. Cafe yang berada di Jalan Singosari Raya Nomer 45 ini tetap ramai baik di siang maupun malam hari.


Terdapat dua tempat yang disediakan di cafe ini, yaitu indoor dan outdoor. Bagi Anda yang ingin merasakan langit malam Kota Semarang sambil menyantap makanan, bisa menentukan outdoor.


Menunya sendiri lebih banyak kuliner ringan, tapi bukan berarti tidak ada hidangan utama di Pelangi Cafe ini. Di sana juga tersedia nasi, spagheti, galantin, hingga angsa penyet krispi. Untuk urusan harga cafe pelangi cukup bersaing dan masih dalam batas yang sangat wajar.


Baca Juga: Candi Gedong Songo Peninggalan Sejarah Indah di Semarang


7. Rumah Makan Kampung Laut


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba image via Pegipegi.com


Makan di saung terapung sambil menatap pemandangan yang asri tentu akan menimbulkan santapan Anda terasa lebih lezat. Rumah Makan Kampung Laut ialah salah satu tempat makan di Semarang yang romantis. Dan bisa Anda jadikan alternatif untuk berburu kuliner.


Ada banyak sekali sajian kuliner yang tersedia di sana, menyerupai olahan seafood, ayam, hingga sapi. Harganya juga relatif standar dan bisa Anda sesuaikan dengan budget serta selera Anda masing-masing.


Rumah Makan Kampung Laut ini juga menyediakan beberapa permainan belum dewasa sederhana, menyerupai jungkat-jungkit, ayunan, dan papan seluncur. Sehingga sangat cocok dipakai untuk tempat membangkitkan selera makan si kecil.


Restoran yang disertai kolam pemancingan ini berada di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang. Dan buka semenjak jam 10 pagi hingga 10 malam.


8. Kuliner Simpang Lima Semarang


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @ompapi


Simpang Lima sebagai jantung kota Semarang ternyata menyimpan banyak jajanan enak yang akan memanjakan pengecap Anda. Alun-alun yang menjadi titik sentra pertemuan antara lima ruas jalan bermetamorfosis gudang kuliner ketika malam tiba.


Tenda-tenda yang menjajakan banyak sekali pilihan menu, mulai dari kuliner berat hingga hidangan utama tampak memenuhi trotoar lingkar luar alun-alun. Kuliner Simpang Lima Semarang tidak hanya menyajikan kuliner khas wilayahnya saja akan tetapi juga mempunyai sajian dari seluruh nusantara.


Karena lokasinya yang memang strategis menciptakan warung-warung di sekitar alun-alun tidak pernah sepi dari pengunjung. Turis dari banyak sekali daerah pun menuju ke area ini untuk merasakan bermacam-macam sajian khas Semarang tanpa harus repot berpindah tempat.


Aroma masakan yang berterbangan menciptakan setiap pengunjung pribadi keroncongan begitu tiba di sana. Benar-benar nirwana masakan di Semarang.


9. Pasar Semawis (Waroeng Semawis)


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @buatlapar


Pasar Semawis merupakan tempat berburu masakan Semarang murah meriah yang berada di daerah pecinan. Lokasi tepatnya ialah di Ganag Warung, dan buka pada hari Jumat, Sabtu, serta Minggu mulai pukul 6 sore.


Jika kebetulan Anda menghabiskan simpulan pekan di Semarang, cobalah untuk mampir ke Pasar Semawis ini. Warung ini merupakan hasil buah pikir dari Kopi Semawis yang merupakan kependekan dari Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata. Pasar Semawis ini mulai dibuka semenjak tahun 2004 dan masih tetap menjadi andalan hingga ketika ini.


Berbagai sajian lokal khas Semarang maupun sajian internasional secara lengkap dijajakan di tempat wisata masakan di Semarang ini. Sebut saja diantaranya pisang plenet, bubur kacang hijau, camilan bagus serabi, aneka sate, nasi ayam, hingga menu-menu steamboat.


Namun lantaran berada di wilayah pecinan, bagi Anda yang beragama Islam ada baiknya mencermati kembali pilihan sajian yang ditawarkan. Tetapi pedagang di sana cenderung jujur dan tidak menyembunyikan dari pembeli kalau mereka menjual kuliner olahan daging babi.


10. Cafe Tanjakan


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba image via Traveling Hemat Nusantara – WordPress.com


Ingin menyantap makan sambil merasakan suasana yang unik dan romantis? Datang saja ke Cafe Tanjakan. Tempat wisata masakan unik di Semarang ini memang berada sesudah jalan yang menanjak, makanya dinamai begitu.


Beragam sajian dihadirkan untuk memberi kepuasan kepada seluruh pelanggan setianya dengan rasa yang tentu saja pas di lidah. Untuk persoalan harga juga tidak perlu dicemaskan lantaran masih dalam batas masuk akal untuk ukuran cafe unik menyerupai ini. Di Cafe Tanjakan tersebut Anda bisa membeli banyak sekali jenis minuman, roti, hingga steak.


Letak Cafe Tanjakan tidak terlalu sulit untuk ditemukan dan berada di daerah yang cukup strategis, yaitu di Rinjani. Jika Anda dari Simpang Lima Semarang, ambil jalan melalui LBPP LIA Veteran dan masuk gang di samping LIA tersebut.


Kemudian lurus saja sedikit hingga menemukan goresan pena yang menunjukan lokasi Cafe Tanjakan. Selain makanannya yang enak, cafe ini juga menghadirkan pemandangan menarik yang menciptakan suasana semakin romantis. Cobalah mampir sebentar ke Cafe Tanjakan dan rasakan sendiri sensasi unik serta romantisnya.


Baca Juga: Brown Canyon, Pesona Grand Canyonnya Semarang


11. Nasi Pecel Mbok Sador


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @patrolikulinersemarang


Tempat wisata masakan murah di Semarang selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ialah Nasi Pecel Mbok Sador. Berlokasi di Jalan Pahlawan, tepatnya di seberang Ramayana menciptakan nasi pecel ini selalu ramai oleh pembeli.


Bahkan banyak yang rela antri demi mendapat sepiring nasi pecel yang gurih bagus pedas tersebut. Bukan hanya lantaran lokasi yang strategis serta harga yang terjangkau. Nasi Pecel Mbok Sador juga selalu menjadi favorit lantaran rasanya yang khas.


Porsi nasinya memang tidak terlalu banyak, tetapi sayur yang disiram sambel pecel yang disajikans angat melimpah. Dalam seporsi nasi pecel, Anda akan mendapat daun singkong, daun pepaya, kacang panjang, tauge, bayam, dan kenikir.


Menu perhiasan yang menambah selera makan Anda juga tersedia di sana menyerupai kerupuk gendar dan rempeyek kacang maupun teri. Tersedia pula sate telur puyuh, sate keong, jeroan sapi, ati ampela ayam, dan banyak sekali kerupuk.


12. Nasi Goreng Babat Pak Taman


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @makandisemarang


Kuliner Semarang Bondan yang ramai dibicarakan ialah Nasi Goreng Babat Pak Taman yang berada di selatan Stasiun Diponegoro. Nasi goreng ini disajikan di atas daun pisang dengan tingkat pedas yang bisa kita sesuaikan.


Ditambah lagi acar timun yang menjadi perhiasan dari nikmatnya nasi goreng ini. Bagi Anda penggemar jeroan, terutama babat, jangan hingga melewatkan masakan Semarang yang satu ini. Rasanya yang luar biasa bahkan sudah diakui oleh Pak Bondan.


13. Bandeng Presto


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @oleholeh_semarang


Bandeng presto memang populer sebagai buah tangan khas Semarang yang paling sering diburu. Namun sekarang Anda bisa merasakan hidangan ini di Semarang tanpa perlu repot membawanya ke rumah.


Saat ini telah hadir Resto Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran nomor 57 Semarang. Olahan bandeng di resto ini benar-benar berbeda dan terasa lebih nikmat serta empuk.


Mungkin itu pula yang menimbulkan Resto Bandeng Juwana Elrina ini selalu dipadati pengunjung. Beberapa pilihan sajian yang disajikan di sana antara lain sate, tongseng, nasi bakar, bakso dan lain-lain yang terbuat dari bandeng.


Baca Juga: Umbul Sidomukti Bandungan dan Pondok Kopi Semarang


14. Warung Makan Mbah Jingkrak


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba foto dari @mj_pekanbaru


Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata masakan di Semarang yang bercita rasa pedas, datanglah ke Warung Makan Mbah jingkrak. Menu-menunya cukup banyak dengan nama yang unik dan agak horor.


Seperti sunduk bolong, daging genderuwo, ati boyo, hingga pitik rambut setan, sambel bilis, dan sambel kempleng. Untuk minumannya juga dinamai dengan kreatifitas tinggi.


Seperti es surga, yaitu es degan dan sirsak atau es judeg berupa es jeruk dan degan. Ada beberapa cabang Warung Makan Mbah Jingkrak di Semarang, dan salah satunya berada di Jalan Kiai Saleh.


Baca Juga: Tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya


15. Nasi Kucing Pak Gik


 Wisata masakan memang acara yang menyenangkan dan dihentikan ditinggalkan 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Yang Harus Anda Coba image via Pegipegi.com


Tempat nongkrong di Semarang yang satu ini selalu ramai oleh pembeli dan seringkali habis sebelum waktunya tutup. Tak heran kalau Nasi Kucing Pak Gik selalu disebut-sebut sebagai ikon angkringan milik Semarang.


Warung yang buka semenjak pukul 24.00 hingga pagi ini memang memberi suasana tengah malam perkotaan yang asik untuk dijadikan tongkrongan.


Akan tetapi sering kali gres pukul 03.00 pagi Nasi Kucing Pak Gik sudah tidak melayani pembeli lantaran habis. Lokasinya juga cukup gampang dijangkau, yaitu sekitar 20 meter dari Jalan Gajah Mada, tepatnya di Jalan Wotgandul.


Terdapat cukup banyak pilihan sajian di Nasi Kucing Pak Gik yang telah berdiri lebih dari 50 tahun ini. Menu nasinya dilengkapi dengan kering tempe, atau tebas telur, atau nasi gurih, atau ketan kering. Tahu telur, dan banyak lagi.


Pilihan gorengan dan minumannya juga sangat bermacam-macam dengan harga yang murah meriah, yaitu 5.000 rupiah saja. Bahkan di Nasi Kucing Pak Gik juga tersedia sajian pendamping menyerupai pia pia, pangsit, tahu petis, dan sate bakso.


Wisata Kuliner Lainya:



Bagaimana, masih galau hendak menentukan tempat masakan di Semarang yang harus dikunjungi? Jika iya, tidak ada salahnya untuk bertahan sedikit lebih usang di Semarang semoga bisa merasakan seluruh masakan uniknya.


Karena setiap daerah mempunyai cita rasa tersendiri sehingga akan sangat disayangkan kalau dilewatkan begitu saja. Selamat berburu masakan dan merasakan hidangan yummy khas ibukota Jawa Tengah.



Please write your comments