8 Daerah Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

8 Daerah Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi

8 Daerah Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi

Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi – Cilacap merupakan sebuah kabupaten di pesisir selatan jawa tengah yang mempunyai aneka macam macam tempat wisata,mulai dari wisata alam yang eksotik hingga wisata budaya yang patut untuk di jelajahi. Berikut 8 tempat wisata di cilacap yang sanggup anda simak dan di jadikan sebagai list wisata anda selanjutnya :



1. Wisata Hutan Payau


Hutan Payau merupakan hutan lindung yang mempunyai ekosistem penjaga pantai dari serangan pengikisan laut. Hutan yang berada di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara ini merupakan hutan mangrove yang dijadikan tempoat wisata oleh Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Cilacap.


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


Baca Juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta


 Hutan bakau yang berada di lokasi ini, menerima suplai air payau dari sungai Lester yang eksklusif terhubung dengan laut. Hutan Payau Mangrove ini terdapat 15.000 pohon mangrove yang terdiri dari Tancang (Bruguiera gymnorrhiza), Api-api (Avicennia sp), Bakau Bandul (Rhizophora mucronata) dan Bakau Kacangan (Rhizophora apiculata). Ekosistem Hutan Payau Mangrove di sini dihuni oleh banyak sekali biota mangrove, yang sanggup teramati secara kasat mata, ibarat ikan Gelodok, Uca, Udang Pistol, Tanggal, burung, aneka macam jenis ikan dan lain-lain. Di lokasi wisata ini, anda sanggup menyewa bahtera kayu dengan menyusuri area hutan payau. Anda akan dimanjakan dengan aneka macam biota hutan dan ekosistem mangrove.


2. Pantai Teluk Penyu


Pantai teluk penyu merupakan wisata Pantai andalan di Kabupaten Cilacap. Di lokasi yang berada di Cilacap Selatan ini, anda akan dimanjakan oleh pesona pantai pasir putih yang menawan. Deburan ombak pantai selatan yang populer ganas akan andas rasakan.


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


Di pantai ini, anda sanggup melaksanakan acara memancing tepi. Setelah anda puas dengan wisata pantai di pantai ini, anda sanggup menyewa kapal untuk berwisata susur pantai dengan murah. Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar, tergantung bagaimana anda menawar terhadap penyedia jasa perahu. Dengan bahtera tersebut, anda akan mencicipi sensasi naik bahtera di maritim yang akan memacu adrenalin anda.  Panta ini cocok sebagai obyek wisata keluarga di cilacap.


3. Benteng Pendhem Cilacap


Benteng Pendem yang terletak di wilayah dusun Kebonjati,desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, kabupaten Cilacap ini adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu Cilacap yang dibangun pada tahun 1861. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindi Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektare. Bangunan benteng pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga kini.


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


Namun, semenjak awal ditemukan, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru. Di lokasi tersebut, anda akan mencicipi kemegahan bangunan Belanda di periode pra kemerdekaan. Makara wisata anda di lokasi ini bukan hanya menjadi wisata budaya, melainkan juga wisata sejarah. Anda sanggup menyewa tour guide yang akan mendeskripsikan secara detail bgaimana sejarah dari kompleks beteng pertahanan Belanda tersebut.


4. Gunung Srandil Cilacap


Gunung Srandil ialah sebuah bukit karang yang berada di pesisir Pantai maritim Selatan di desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala, Cilacap. Gunung Srandil sanggup dicapai dari kota Kroya, dan kota Adipala. Gunung Srandil diyakini merupakan petilasan Kaki Semar yang terkenal dengan dhawuh-nya mengenai bagaimana menjalani hidup sebaiknya berpedoman kepada “Ojo dumeh, eling lan waspodo” atau “ jangan mentang-mentang, ingat dan waspada”. Dipercaya Srandi berasal dari kata Suro lan adil.


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


baca juga : Wisata Alam Posong Kledung Temanggung Yang Begitu Mempesona


Ketika para peziarah berkunjung ke Gunung Srandil, mereka biasanya melaksanakan ritual dengan cara mengelilingi atau mengitari Gunung Srandil antara jam 12 malam hingga jam 3 dini hari. Jumlah putaran mengitari gunung dengan berjalan berlawanan dengan arah jarum jam yang disarankan sesuai petunjuk ialah berjumlah angka ganjil contohnya 3x, 9x, 21x dan atau 41x putaran. Untuk melengkapi program ziarah, disarankan untuk membawa kembang-telon, dupa atau kemenyan madu, minyak wangi. Sambil berkeliling, peziarah disarankan untuk melafalkan doa-doa sebagai permohonan kepada Tuhan sehingga doa-doa itu pun sanggup didengar oleh para Penguasa Gaib. Dengan begitu, Penguasa Gaib pun sanggup ikut membantu menyempurnakan doa yang diucapkan oleh para peziarah semoga sanggup dikabulkan oleh Tuhan.


5. Pantai Widara Payung


Wilayah obyek wisata Pantai Indah Widara Payung ini memang tidaklah terlalu luas namun kondisi pantainya sangat landai dengan dipagari pohon kelapa sehingga menciptakan pantai ini sejuk. Banyak pepohonan hijau pada bibir pantainya. Fasilitas yang ada cukup memadai, ibarat MCK, tempat parkir, restoran, kolam renang, tempat pemandian dan sebagainya. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2500,00 per orang kita akan disuguhi panorama alam pesisir pantai maritim selatan dengan deburan ombaknya yg populer besar dan indah sebagai salah satu destinasi alam di bumi cilacap timur atau wilayah banyumas penggalan selatan.


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


Bagi anda yang ingin berguru berselancar, atau ingin mengasah keterampilan anda dalam menaklukan ombak di pantai ini, maka anda sanggup mencobanya. Ada tempat penyewaan papan selancar disini. Selain itu, anda juga sanggup melaksanakan tour dengan memakai bahtera yang disewakan oleh para nelayan untuk sanggup melihat secara eksklusif pulau Nusakambangan yang dipakai sebagai penjara untuk para tahanan kelas kakap dengan biaya Rp10.000* per orang.


 


6. Wisata Pulau Nusakambangan


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


Obyek wisata di cilacap selanjutnya yaitu Wisata Pulau Nusa Kambangan merupakan destinasi andalan yang ada di cilicap. Di daerah pulau nusakambangan menyediakan aneka macam wahana wisata alam yang tidak kalah indahnya dengan karimunjawa yang berada di jepara. Wisata pantai hingga hutan tropis pun siap menyambut anda apabila berkunjung ke tempat ini.


7. Pantai Jetis


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


Seperti halnya kebumen yang berlokasi di pesisir pantai selatan jawa tengah, cilacap juga mempunyai bermagai macam jenis pantai ibarat halnya pantai jetis ini yang mempunyai pasir berwarna hitam. Pantai ini berlokasi di kecamatan Nusawungu cilacap. Letak pantai ini juga berdekatan dengan pantai ayah yang berada di kebumen. Pantai ini menyuguhkan pemandangan samudra yang luas dan pegunungan.


8. Pantai Permisan Cilacap


Pantai permisan merupakan sebuah pantai yang berlokasi di akrab LP permisan pulau nusakambangan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai pasir putih yang di hiasi dengan gundukan watu karang yang sanggup anda jadikan objek foto yang menarik. Pantai ini masih tergolong sepi sebab belum banyak wisatawan yang tau pantai permisan ini.


Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi 8 Tempat Wisata Di Cilacap Yang Patut Di Kunjungi


Kondisi di pantai tersebut juga masih higienis dan alami. Untuk menuju tempat ini wisatawan sanggup menyebrang via pelabuhan lomanis, atau sanggup juga via pelabuhan wijayakusuma. setalah menyebrang perjalanan di lanjutkan dengan memakai kendaraan darat hingga hingga ke pantai permisan. selama perjalan anda juga sanggup singgah ke goa Ratu. Goa ratu merupkan salah satu obyek wisata pulau nusakambangan. Anda juga sanggup melihat beberapa LP yang ada di pulau nusakambangan ibarat LP Besi, Batu , kembang kuning dan Juga Lp Permisan.


Baca Juga : 12 Tempat Wisata Di Purwokerto Yang Paling Menarik



Please write your comments