9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula

9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula

Tips Mendaki gunung bagi Pemula – akhir-akhir ini acara mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam, melainkan acara favorit dilakukan di kalangan muda mudi yang umumnya terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tapi tak sedikit juga yang belum begitu akrap dengan acara yang satu ini. Kebanyakan dari mereka yang masih newbie dalam urusan mendaki gunung mempunyai motivasi lebih  untuk mendaki alasannya yaitu mungkin ingin mecoba pengalaman gres yang penuh tantangan dan tak sedikit pula mereka yang di pameri foto-foto indahnya alam gunung dari teman-teman yang gres saja mendaki gunung sehingga mereka mempunyai harapan untuk mendaki gunung sesudah melihat foto mereka. Tetapi mendaki gunung semoga bisa hingga puncak itu bukan kasus yang mudah.


akhir ini acara mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam 9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula
gunung sindoro

Menurut pengalaman saya sesudah beberapa kali mendaki gunung, banyak pendaki yang tidak hingga tujuan alias tidak hingga puncak yang dituju. Saya sebagai penulis juga pernah mengalami hal tersebut alasannya yaitu kurang persiapan. Kalo sudah terjadi begitu maka Cuma ada penyesalan. Tapi hening saja saya akan bagi-bagi tips mendaki gunung untuk pemula yang harus di lakukan semoga bisa hingga puncak. Oke eksklusif saja ke tips mendaki gunung bagi pemula :



1. Melatih otot kaki dan kesimbangan


Kegiatan melatih otot kaki bisa dilakukan dengan lari di pagi hari atau sore hari, diusahakan rutin dilakukan seminggu sebelum mendaki . acara ini bertujuan untuk melatih otot kaki semoga tidak kaget dalam mendaki gunung mengingat trek yang harus dilalui tidak lah mudah. Tapi jangan khawatir apabila kau bisa rutin dalam melaksanakan acara ini, trek yang sesulit apapun bisa kau lewati dengan mudah. Selain lari pagi ada juga hal yang harus kau latih yaitu kesimbangan. Untuk melatih keseimbangan, bisa dilakukan dengan senam-senam kecil menyerupai bangun beberapa ketika dengan satu kaki . Kegiatan ini ideal dilakukan sesudah lari pagi atau sore sudah kau lakukan.  Apabila lari pagi atau sore dan senam kecil sudah kau lakukan secara rutin, kau sudah lolos tahap awal dalam persiapan medaki gunung bagi pemula.


akhir ini acara mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam 9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula
gunung sindoro

Baca Juga : Wisata Lubang Sewu Erorejo Wisata Wonosobo


2. Jaga Kesehatan


Kesehatan merupakan hal yang paling vital dalam proses pendakian gunung, bayangkan saja apabila naik gunung dalam keadaan tidak fit. Meurut pengalaman saya, dulu waktu naik gunung sindoro ada salah satu sobat saya dalam keadaan tidak fit nekat untuk naik gunung, alahasil sobat saya itu berhenti di tengah jalan alias tidak sampai. Tidak Cuma itu saja, dalam masa pejalanan sobat saya itu hanya mebuat susah pendaki yang lain alasannya yaitu menghambat perjlanan dan terus mengeluh. Tentunya kau tidak mau kan hal tersebut terjadi pada diri kamu, tapi hening saja saya punya tips semoga hal tersebut tidak terjadi yaitu diusahakan jangan tidur terlalu larut malam seminggu sebelum mendaki gunung dan tidurlah secara cukup.­­ Kalo perlu konsumsi lah vitamin semoga kau teteap fit sampe hari untuk mendaki telah tiba.


3. Perlengkapan yang harus di bawa Ketika Mendaki Gunung


Setelah persiapan fisik sudah di lakukan sekarang tinggal mempersiapkan peralatan yang harus dibawa di ketika kau mau mendaki gunung. Perlengkapan mendaki gunung juga hal yang patut kau siapkan dengan baik, bisa fatal jadinya kalau kau tidak mempersiapkan peralatan yang akan kau bawa. Cerita ihwal pengalaman saya lagi hehehe, alasannya yaitu dari pengalaman kita akan belajar. Dulu waktu pertama kali mendaki gunung saya kurang memperhatikan dalam mempersiapkan peralatan mendaki gunung. Alhasil acara mendaki gunung yang saya lakukan tidak seindah yang dibayangkan alasannya yaitu kurangnya dalam peralatan. Tentu hal tersebut tidak ingin terjadi pada kau kan. Nah maka dari itu berikut peralatan yang wajib di bawa ketika mendaki gunung. Yang pertama yaitu jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat untuk meringankan beban tubuh, mantol,  peralatan memasak gunung kalau dibutuhkan dan tidak lupa yaitu kamera buat selfie di puncak gunung 😀 . jangan lupa sebelum naik gunung kau cek dulu perlengkapan kamu.


4. Konsumsi Yang Harus Dibawa


akhir ini acara mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam 9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula
gunung sindoro

Konsumsi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses mendaki gunung. Dulu saya pernah gagal hingga puncak gara-gara kehabisan konsumsi. Nah berikut konsumsi yang harus kau bawa yaitu air putih 2 botol berisi 1.5L, Roti, Nasi + lauk kalo perlu, Mie instant, coklat untuk menambah tenaga kau ketika mendaki, kopi atau sejenisnya dan air cadangan. Itu merupakan konsumsi pokok yang harus saya bawa ketika mendaki gunung.


Baca juga : Candi Dieng, Pesona Candi di Atas Awan Yang Eksotik


5. Cara berjalan ketika mendaki


Ketika mendaki gunung juga tidak asal-asalan dalam berjalan, pastinya kau tidak mau kan hal yang jelek terjadi pada kamu. Ya saya akan menyebarkan tips untuk berjalan di sulitnya trek gunung. Yaitu dengan kaki selalu elastis setiap kali menapakan kaki di tanah dan tetap focus pada pijakan. Apabila kaki kau kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kau dalam proses mendaki.


6. Jangan aib untuk meminta berhenti kalau capek


Sebagai pendaki pemula pastinya kemampuan dalam mendaki tidak menyerupai merekan yang sudah terbiasa, maka kau tidak perlu aib berkata capek dan minta untuk berhenti sejenak. Daripada di paksakan malah tidak baik.


7. Diusahakan tidak mengeluh


Mengeluh dalam perjalanan mendaki merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Dengan mengeluh akan mempengaruhi psikis dalam diri kita dan bisa berimbas pada tubuh. Dalam proses pendakian sebaiknya jangan mengeluh walaupun dalam keadaan menyerupai apapun, alangkah baiknya menyemangati diri sendiri dan selalu ceria semoga perjalan mendaki gunung mu tidak terasa semakain berat dan yang niscaya mengasyikan


akhir ini acara mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam 9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula
puncak gunung sindoro

8. Jangan membuang sampah di gunung


Tentu kita tidak inign kan indahnya lembah gunung yang di berikan yang kuasa kepada kita di kotori dengan sampah, maka jangan membuang sampah digunung. Alangkah baiknya kalau sampah yang kita hasilkan di bawa turun.


9. Ikuti aba-aba dan larangan petugas gunung


Sebelum mendaki kita tentunya harus mendaftar dulu ke petugas gunung setempat, nah sesudah kita melaksanakan proses registrasi tersebut pastinya petugas gunung akan menawarkan intruksi dan larangan ketika kita dalam perjalan mendaki gunung. Maka patuhilah aba-aba dan larangan yang merekan sampikan.


baca juga : Asyiknya Bermain Di 61 Wahana Wisata Bahari Lamongan


Mungkin itu tips mendaki gunung bagi pemula yang bisa saya sampaikan. Selamat mendaki dan jangan lupa berdoa semoga selamat hingga tujuan.


Timelaps Sunrise Gunung Sumbing



 







style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-5622940348702198"
data-ad-slot="1860321268">




Please write your comments