Pantai Baru, Nirwana Energi Di Bantul Yang Belum Terjamah - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Pantai Baru, Nirwana Energi Di Bantul Yang Belum Terjamah

Pantai Baru, Nirwana Energi Di Bantul Yang Belum Terjamah

Pantai Baru mendengar namanya mungkin masih terlalu asing. Sebenarnya, tempat ini bukanlah benar-benar baru, melainkan tempat usang yang coba di buat menyerupai baru. Maklum saja, tempat pantai di sepanjang jalan kenangan ini memang kurang begitu diminati. Padahal, dilihat dari segi kawasannya, tempat ini cukup menarik.


Pantai Baru Bantul Daerah spesial Yogyakarta berada di sebelah timur pantai pandansimo yang mempunyai mercusuar di dalamnya. Jika, dilihat secara mendalam, tempat ini mempunyai keindahan yang tidak kalah dengan daerah pantai yang ada di sekitarnya. Bagi wisatawan yang ingin tau dengan tempat ini, mari kita lihat penjelajahannya di bawah ini,



Mengenal Pantai Baru


Bantul memang menyimpan berjuta pesona yang memang belum dikelola dengan sangat baik. Apalagi, tempat pantai Baru yang seakan menjadi tempat paling ditakuti.


Mengapa ditakuti? Karena, wisatawan yang berkunjung ke sini, tidak akan melihat kendaraan berjajar atau banyaknya wisatawan yang menikmati.


Berbanding terbalik dengan tempat pantai di Bantul lainnya menyerupai di Pantai Depok atau Parangtritis. Bukan berarti sepi, tempat ini tidak punya pesona yang indah.


Sebenarnya, ada banyak pemandangan yang bisa di ekspos lebih jauh lagi. Apalagi, tempat ini masih sepi, sehingga sangat nyaman untuk beraktifitas. Rasanya, menyerupai mempunyai pantai pribadi.


Sejarah Singkat


Pantai Baru mendengar namanya mungkin masih terlalu absurd Pantai Baru, Surga Energi di Bantul yang Belum Terjamah
foto: https://www.instagram.com/diryann/

Sejarah pantai gres memang asyik untuk disimak, karena dalam sejarah ada sebuah misteri yang terkandung didalamnya.  Kawasan ini memang tidak bisa dipisahkan dari keluarga keraton. Banyak yang tidak tahu memang kenapa warga keraton menentukan tempat ini sebagai tempat pertapaan.


Petilasan pertapaan pun masih dirawat dengan sangat baik dan konon menjadi tempat keramat. Walaupun, pada waktu tertentu tempat ini dipakai sebagai tempat untuk event nasional.


Jadi, jangan heran bila ketika berkunjung ke sini di waktu tertentu. Wisatawan akan melihat beberapa orang yang tiba untuk menikmati pantai ini dengan cara yang lain. Simak juga destinasi wisata Pantai Bondo yang berlokasi di Jepara.


Wisata Edukasi


Pantai gres hadir dengan menunjukkan segudang pesona yang mungkin tidak dimiliki oleh tempat lain. Salah satunya yakni wisata edukasi yang bisa dinikmati. Luas lahannya yang mencapai 4000 meter persegi, menciptakan tempat ini bisa menghadirkan wisata edukasi yang cukup menarik.


Disini, wisatawan akan disuguhkan dengan beberapa energi terbarukan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Seperti diketahui, usia planet ini sudah cukup renta dan semua energi yang telah disediakan alam bertahap mulai menghilang. Oleh alasannya yakni itu, perlu adanya energi yang gres untuk memenuhi kebutuhan seluruh umat manusia. Baca juga: objek wisata Pantai Bentar.


Biogas


Wisata eduksi pertama yakni pembuatan biogas. Tepat berada di kanal Pantai Baru. Ada sangkar ternak dan pembuatan Biogas.


Wisatawan bisa mengelilingi sangkar sembari mengatakan mereka makan. Atau melihat biodigester dan genset biogas. Jangan takut, binatang ternak disini sangat ramah-ramah.


Tidak bisa dipungkiri, berada di tempat ini memang sedikit menghadirkan bacin tidak sedap. Tetapi, bacin ini bukanlah bacin dari pembuatan biogas. Melainkan, bacin dari kotoran binatang ternak yang akan dimanfaatkan untuk pupuk dan energi biogas. Baca juga: destinasi wisata Pantai Carita yang mempunyai pemandangan sangat indah.


Kincir Angin


Mendengar nama ini niscaya wisatawan akan membayangkan sebuah kincir angin menyerupai yang ada di negeri Belanda. Ada benarnya, dan juga tidak. Karena, kincir angin disini tidak memanfaatkan air sebagai sebuah energi.


Melainkan tenaga ngin yang akan dirubah menjadi energi hybrid. Disini pun tersedia panel surya yang berfungsi merubah tenaga matahari menjadi daya kebutuhan.


Biasanya, disini wisatawan banyak yang mengambil gambar pantai gres yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Jadi, jangan lupa untuk mengabadikannya. Amat disayangkan bila pemandangan kece ini dilewatkan begitu saja.


Tenaga kincir angin ini biasanya dipakai untuk memasok kebutuhan listrik warung-warung yang berada di tempat ini. Terutama bagi warung-warung yang menghasilkan es kerikil untuk pengawet ikan. Wisatawan pun bisa melihat proses pembuatan es kerikil tersebut.


Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan sebuah teknologi yang cukup mengesankan. Panorama tersebut yakni bak ikan air tawar.


Dimana, bak tersebut telah terpasang teknologi aquaponik. Tekonologi ini memungkinkan untuk membersihkan air dengan memakai metode penyaringan tumbuhan. Simak juga review wacana wisata Pantai Anyer yang tak kalah indahnya.


Keindahan Pantai Baru


Pantai Baru mendengar namanya mungkin masih terlalu absurd Pantai Baru, Surga Energi di Bantul yang Belum Terjamah




style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-5622940348702198"
data-ad-slot="1860321268">




foto: https://www.instagram.com/fienikonjogja/

Saat wisatawan masuk ke tempat ini. wisatawan akan disambut dengan dua patung yang menjadi ikon yaitu Patung Hiu tutul dan Harimau. Nah, patung harimau ini dijadikan sebagai simbol dari salah satu keluarga keraton. Dimana, ketika bertapa disana, anggota keluarga ini ditemui oleh seekor harimau.


Biasanya, pihak pengelola akan menyediakan beberapa sarana hiburan. Seperti live music yang menghadirkan band-band dan penyanyi lokal ternama.


Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati beberapa wahana yang menarik menyerupai ATV yang sedang hits di banyak sekali pantai. Untuk menikmati ATV ini, wisatawan bisa membayarnya dengan harga 30 ribu untuk 15 menit.


Para warga pun juga memanfaatkan dengan baik pesona tempat ini. dengan menghadirkan beberapa penyewaan tikar. Wisatawan bisa menyewa seharga 10 ribu rupiah sepuasya. Menyewa tikar dan menikmati teduhnya pohon cemara udang menjadi sebuah daya tarik yang dihentikan dilewatkan.


Disinilah mengapa diatas, tempat ini sangat ramah terhadap keluarga. Wisatawan pun bisa menikmati sensasi makan bersama di pantai yang sepi dan mempunyai pemandangan mengesankan. Apalagi, ketika sore hari. Saat matahari yang hendak turun dan berganti dengan malam.


Bila, tidak ingin repot membawa masakan dari rumah. Wisatawan juga bisa memanfaatkan beberapa warung yang sudah menyajikan hidangan masakan yang sangat nikmat. Lidah akan bergoyang tanpa mau berhenti. Jangan takut untuk membeli, alasannya yakni harga dan cita rasanya sangat bersahabat. Lihat juga: wisata Pantai Cermin yang berlokasi di Medan.


Alamat Dan Rute Lokasi


Pantai Baru mendengar namanya mungkin masih terlalu absurd Pantai Baru, Surga Energi di Bantul yang Belum Terjamah
foto: https://www.instagram.com/ndy_satria/

Alamat lokasi pantai ini berada di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, daerah spesial Yogyakarta. jarak tempuh dari Kota Yogyakarta kurang lebih 30 km. sedangkan, waktu tempuh menuju ke tempat ini kurang lebih 1 jam.


Rute Pantai Baru Bantul bisa dimulai dari sentra kota menuju ke arah selatan menuju ke jalan bantul. Dari jalan bantul menuju ke bundaran srandakan yang akan menghubungkan wilayah Bantul dan wilayah Kulon progo. Dari sini lanjutkan perjalanan menuju ke selatan.


Tidak jauh dari sepanjang jalan ini. wisatawan akan menemukan beberapa papan petunjuk. Papan ini bisa dimanfaatkan sebagai pedoman, bagi wisatawan menuju ke Pantai Baru dan juga Panta Kuwaru. Simak juga: wisata Pantai Carocok yang mempunyai banyak spot foto terbaik.



Harga Tiket Masuk Pantai Baru


Pantai Baru mendengar namanya mungkin masih terlalu absurd Pantai Baru, Surga Energi di Bantul yang Belum Terjamah
foto: https://www.instagram.com/bolehmotret/

Tiket masuk pantai gres sangat murah. Wisatawan hanya perlu membayar 4 ribu rupia saja. Ditambah dengan uang parkir saja yaitu 3 ribu rupiah untuk motor.


Bagi wisatawan yang ingin memakai kendaraan beroda empat harus merogoh kocek kurang lebih 7 ribu rupiah. Menariknya, harga 4 ribu bisa dipakai sebagai tiket masuk untuk pantai yang berada di sekitarnya. Baca juga: wisata Pantai depok yang berlokasi di bantul, yogyakarta.


Berkunjung ke Pantai gres tidak pernah rugi. Mungkin, tempat ini hanya perlu banyuan wisatawan biar tempat indah ini bisa menjadi ramai. Ayo, tiba dan ambil banyak foto disini. Jangan lupa ajak, teman, sahabat, serta keluarga untuk menikmati keseruan dan keindahan Yogyakarta di Pantai baru.



Please write your comments