Pantai Carocok - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Pantai Carocok

Pantai Carocok

Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini. Tetapi, bagi masyarakat padang, daerah ini sudah mempunyai nama. Bahkan, mereka menyandingkan objek wisata kebanggan mereka ini dengan beberapa pantai di Pulau Dewata. Sebut saja Pantai Sanur, Pantai Legian, atau juga Pantai Kuta.


Tidak hanya pesona maritim saja yang dihadirkan di tempat ini. Melainkan, ada titik spot yang menarik yaitu Pulau Batu Kereta dan Pulau Cinguak. Bagi wisatawan yang ingin tau dengan daerah ini, mari kita simak penjelajahannya di bawah ini,



Sejarah Pantai Carocok


Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini Pantai Carocok
foto: https://www.instagram.com/herisupriadi_hs/

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai keindahan pantai carocok yang konon katanya menyerupai pantai di pulau bali. Mari, kita seimak terlebih dahulu mengenai sejarah dan legenda yang berkembang di daerah ini. Karena, kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan dan menjadi salah satu pesona yang tidak bisa tergantikan.


Menurut sejarah pantai carocok daerah ini dahulu masih sepi dan bukanlah sebuah pantai yang indah. Belum juga dipakai sebagai daerah pariwisata. Tenpat ini dipakai sebagai sangkar jawi, atau sebagai sangkar sapi. Warga sekitar pun dahulu juga memakai daerah ini untuk menambatkan sapi-sapi mereka.


Barulah pada tahun 1980-an, daerah ini mulai tumbuh dan berdiri dari sisi perekonomian. Warga Painan mulai melirik daerah ini sebagai tempat yang punya esoktis. Warga pun mulai sadar dan tidak memakai daerah ini untuk sapi-sapi mereka lagi. Baca juga: wisata Pantai Cermin yang berlokasi di medan.


Legenda yang Berkembang


Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini Pantai Carocok
foto: https://www.instagram.com/ryansant/

Sedikit mundur kebelakang, mengenai legenda yang ada di daerah ini. dongeng ini pun dipercaya merupakan dongeng turun-temurun. Dimana, sesepuh desa mengatakan, jika, di daerah ini ada sebuah pulau berjulukan kerikil kereta. Nah, nama kerikil kereta ini pun dimabil dari sebuah kerikil yang terletak di ujung selatan pulau.


Batu tersebut menyerupai dengan roda kereta yang bergerigi. Padahal, jejak tersebut ialah jejak orang portugis yang singgah di daerah tersebut. Ada juga yang menyampaikan jika, jejak tersebut merupakan jejak seorang meener belanda yang mengunakan sepeda. Entah mana yang benar, tetapi jejak tersebut menyerupai jejak sebuah sepeda.


Sayangnya dari catatan sejarah tidak yang bisa menjelaskan secara niscaya mengenaik isu tersevut. Tetapi, berdasarkan proses ilmiah. Hasil tersebut ialah hasil dari hempasan ombak yang terus menggempur kerikil batu karang yang telah tergerus selama beberapa tahun.


Di pulau cinguak ada kisah misteri yang cukup menciptakan bulu kudu berdiri dan bergoyang kesana-kemari. Dimana, disini ada kuburan madame van kempen. Noni belanda ini konon katanya, ialah penghuni pulau cinguak semenjak dahulu kala. Simak juga destinasi wisata Pantai Anyer yang berlokasi di banten.


Daya Tarik


Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini Pantai Carocok
foto: https://www.instagram.com/ridwan426/

Bisa dibilang pantai carocok pesisir selatan ini mempunyai keindahan yang sangat memukau. Terbukti dengan hadirnya terumbu karang seluas 70 hektar. Kabar baiknya lagi, terumbu karang disini kondisinya masih sangat baik. Selalu dirawat dengan baik oleh warga yang memang sudah sadar akan keindahan bawah laut.


Selain itu, daerah yang terletak di bab teluk carocok-terusan ini mempunyai luas hutan mangrove kurang 400 ha. Semua keindahan ini bisa eksklusif dinikmati ketika wisatawan tiba disini. Apalagi, dengan sambutan hangat angin sepoi-sepoi, menambah kekaguman yang tidak akan pernah berhenti untuk tempat ini.


Selain itu, pesona carocok pun sanggup dilihat dengan hadirnya pantai-panati kecil yang terlihat. Esoktis dan menawan sekali terlebih sore hari. Sungguh keindahan yang sempurna. Sepertinya apa yang dilihat ialah sebuah mimpi semata. Lihat juga review kami sebelumnya wacana objek wisata Pantai Carita yang mempunyai pemandangan alam indah.


Pulau Batu Kereta Dan Pulau Cinguak


Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini Pantai Carocok
foto: https://www.instagram.com/yudhisa_putra/

Inilah ikon dari pantai carocok. Dua pulau yang wajib untuk dikunjungi. Bila ingin ke kerikil kereta hanya tinggal menyeberang melalui jembatan yang ada. Jika, ingin menuju ke pulau cinguak bisa memakai bahtera sekitar 200 meter.


Disini ada sebuah petilasan yang menjadi saksi sejarah yaitu benteng bekas potugis ada juga sebuah prasasti. Dimana, prasasti ini ialah sebuah tanda karena, menyerupai yang dibicarakan diatas. Bila, tempat ini terdapat sebuah makam.


Di pulau inilah wisatawan bisa melaksanakan banyak sekali macam permainan. Cukup lengkap dengan wahana pantai carocok yang banyak mungkin dicari. Seperti flying fox, donat boat, banana boat. Selain itu, jangan lewatkan keindahan dunia bawah lautnya. Snorkeling atau diving pin bisa dilakukan disini.


Semua tidak mengecewakan, apalagi airnya sangat jernih dan belum tercemar dengan hal-hal yang bisa merusak alam dan lingkungan .Jangan lupa membawa kamera bawah laut, danabadikan setiap momen yang berlasngusng. Simak juga ulasan kami sebelumnya wacana destinasi Pantai Bentar yang mempunyai banyak spot menarik.


Sunset yang Mempesona


Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini Pantai Carocok
foto: https://www.instagram.com/para_palala/

Tibalah kita di sore hari. Dimana, daerah ini akan semakin ramai. Lantaran, di tempat ini wisatawan akan melihat detik-detik turunnya sejnja yang menakjubkan. Jangan lewatkan setiap momen yang disuguhkan di kawasa ini. Banyak bilang pula, bila tempat ini merupakan titik paling romantis yang ada di padang.


Jangan lupa pula untuk menikmati sajian masakan yang bakal menarik hati lidah. Seperti, masakan khas painan yaitu ikan pepes marang atau juga gulai ikan marang. Cita rasa ikannya jangan ditanya. Dengan harga yang cukup dekat pula. Lihat juga wisata pantai Pantai Bondo di jepara, jawa tengah.


Alamat Dan Rute Lokasi


Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini Pantai Carocok
foto: https://www.instagram.com/benny_adzfikar_bakir/

Alamat lokasi pantai carocok berada di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten pesisir selatan- Kota Padang, Sumatera Selatan. Terletak di sebelah barat kota painan dengan jarak kurang lebih 2 km. titik poinnya ialah kota padang. Wisatawan bisa memakai banyak sekali macam transportasi menuju ke kota padang.


Kemudian, jalan menuju pantai carocok apabila memakai pesawat dan turun di Bandara Minangkabau. Bisa memakai taksi dengan tariff 300 ribuan. Dengan jarak tempuh 77 km, dan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Atau bisa juga dengan menyewa kendaraan dengan harga kurang lebih 300 ribuan. Dimana, harga ini sudah termasuk dengan sopir dan belum dengan BBM.


Jika, ditambah dengan materi bakarnya maka, wisatawan menambah uang sekitar 150 ribu lagi. Langkah ini mungkin, bisa dipakai ketika wisatawan tiba membawa rombongan. Atau pilohan terakhir dengan cara backpacker. Naik bus terlebih dahulu menuju Pasar Raya Padang seharga 30 ribu. Kemudian, memakai travel menuju ke Pantai Carocok seharga 30 ribu.


Menggunakan opsi backpacker wisatawan akan lebih usang sampai. Karena, travel ini akan menunggu penumpang supaya penuh terlebih dahulu. Pilihan lainnya ialah memakai jalur laut.melalui pelabuhan teluk bayur. Disini, wisatawan bisa memakai kapal yang sudah disediakan oleh pemerintah.


Harga yang harus dibayar untuk pilihan transportasi dibawah ini ialah 400 ribuan. Sedikit mahal, tetapi wisatawan akan disuguhkan pemandangan nan esoktis. Pulau-pulau di sekitar pantai carocok yang menawan hati. Sungguh, indah bagai lukisan.


Anda juga bisa memakai google maps dibawah ini untuk berkunjung ke pantai carocok.



Harga Tiket Masuk Carocok


Pantai Carocok Bagi sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal tempat ini Pantai Carocok
foto: https://www.instagram.com/rifie/

Selain harga diatas, ada beberapa biaya lagi yang harus di bayar oleh wisatawan. Pada ketika memasuki pintu gerbang membayar biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah. Bila ingin menikmati pulau cinguak bisa menyewa bahtera 30 ribu rupiah pulang pergi. Dan, masih banyak wahana lain yang bisa dinikmati mulai dari 25 ribuan.


Bagi yang ingin menginap di sekitar pantai carocok sudah tersedia penginapan berupa hotel di pantai carocok. Dengan harga yang bisa diubahsuaikan dengan kemudahan yang akan di dapatkan. Mulai dari 300 ribuan saja, wisatawan akan menyerupai raja dan ratu. Baca juga: wisata pantai Pantai Bopong yang berlokasi di kebumen jawa tengah.


Penasaran dengan keindahan pantai carocok. Wisatawan bisa melihatnya di gallery pantai carocok, yang tersedia banyak di media sosial. Daripada hanya melihat, lebih baik eksklusif tiba dan lihat  eksklusif kemegahan dan pesona Pantai Carocok, Padang.



Please write your comments