Pantai Sundak Gunung Kidul - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak Gunung Kidul

Masih berada di Kota Yogyakarta tetapi, resah mau kemana lagi? Mungkin, Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya. Dimana, tempat ini merupakan jajaran pantai di Gunung Kidul yang memiliki keunikan tersendiri.


wisata pantai sundak, terdapat sebuah karang yang berdasarkan catatan sejarah ada tahun 1930. Batu karang yang terdapat sebuah gua ini masih terendam air laut. Seiring berjalannya waktu, air bahari ini pun meluas. Kemudian, terjadi perubahan struktur dimana, permukaan bahari dan airnya menyusut.


Keunikan lain dari objek wisata ini yaitu yang isa kita nikmati pada ketika ekspresi dominan penghujan terlihat menyerupai air sungai yang membelah pasir.


Menariknya lagi jika di ekspresi dominan kemarau potongan pasir ini akan menghlang. Oleh alasannya yaitu itu, tempat ini sering disebut juga dengan nama Pantai Wedi Belah.


Nah, berdasarkan dongeng para warga, sundak ini sendiri berasal dari dua nama yaitu, asu dan landak. Atau dalam bahasa Indonesia yaitu anjing dan landak. Suatu ketika, anjing ini  sedang berlaria-larian. Kemudian, masuk ke dalam goa. Dimana, ada landak bahari disana.


Anjing yang merasa lapar pun mencoba menyantapnya, Akhirnya, mereka bertarung sayangnya landak pun harus mengakui kemenangan Anjing karena, sepatruh badannya telah dimakan. Oleh alasannya yaitu itu, nama tempat ini disebut dengan Sundak.



Harga Tiket Masuk Pantai Sundak


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/ika_jauhar/

Harga tiket masuk pantai sundak yaitu 10 ribu rupiah. Dimana, kita akan di tarik dari TPR Baron.


Untuk biaya parkirnya akan ditarik 5 ribu rupiah bagi para pengguna kendaraan beroda empat dan juga 2 ribu rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor.


Lihat juga daftar 50 wisata Pantai Gunung Kidul terlengkap.


Rute Menuju Lokasi


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/lukman_nulchakim017/

Alamat pantai sundak terletak di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta 55881. Kita sanggup memulianya dengan menuju ke wilayah Piyungan, Pathuk, Lanud Gading, Jalan Baron.


Setibanya di pertigaan Baron ambil jalan menuju ke Kukup, Drini, Krakal, hingga balasannya anda hingga di objek wisata ini, Begitulah Rute menuju pantai sundak cukup gampang untuk menemukannya bukan?


Bila anda kebingungan dengan jalan menuju pantai sundak. Anda sanggup memanfaatkan banyak sekali papan petunjuk yang ada disini. atau sanggup juga memakai aplikasi berupa maps yang tersedia di smartphone anda.


Selama perjalanan menuju ke tempat ini jalanan cukup sempit dan berkelok. Sehingga, lebih disarankan untuk berhati-hati jangan mengebut. Di kanan dan kiri anda akan disuguhkan dengan sawah-sawah yang hijau sehingga, sangat baik bagi anda yang ingin mencuci mata.


Kunjungi juga Pantai Wedi Ombo yang memiliki view sunset terbaik.


Aktifitas yang Bisa Dilakukan


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/enik456782310/

Setibanya di pantai ini kita akan disambut dengan banyak sekali macam akomodasi yanag sudah sangat ramah. Ada kamar mandi, musholla bagi umat muslim yang hendak melaksanakan ibadah sholat.


Tidak hanya samapai disitu saja. Kita juga sanggup melaksanakan banyak sekali macam aktifitas yang pastinya menghadirkan keseruan dan keceriaan maksimal.


1. Bemalas-malasan


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/si_qwonk7/

Hamparan pasir pantai cukup menarik hati kita menikmatinya dengan bermalas-malasan. Coba saja menyewa tikar dengan harga 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja.


Anda akan sanggup mencicipi bagaimana menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dan juga ombak yang tiba dan pergi.


Datang juga ke Pantai Slili yang tak kalah indahnya.


2. Menikmati Goa Air Tawar


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/pijarrangkaibumi/

Di sebelah utara pantai terdapat sebuah karang yang menjulang tinggi. Ketinggiannya mencapai 12 meter. menariknya yaitu di salah satu karangnya terdapat sebuah lorong atau Goa yang memang sangat mengesankan.


Goa ini memiliki tinggi 2 meter. Disini pula terdapat sebuah sumur air tawar yang sangat alami. nah, sumur ini ;ah yang dijadikan sebagai sumber mata air para warga apalagi, pada ketika ekspresi dominan kemarau tiba.


Awal inovasi sumber mata air ini berwawal dari pemilik anjing yang cukup curiga dengan kondisi tubuh basah. Kemudian, ia pun mencari tahu hingga balasannya ditemukannlah sumur alami ini. Kemudian, para warga pun mencoba mengambilnya dengan dipasang parlon-pralon. Dan menyambungkannya ke pemukiman warga.


3. Melihat Ikan-Ikan Kecil


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/rik_ki1/

Di sini kita sanggup melihat ikan-ikan yang imut dan lucu. Cobalah berjalan 40 meter kea rah bahari dimana, anda sanggup menemukan beberapa karang-karang kecil yang ditumbuhi oleh beberapa ikan nan lucu. Maklum saja, karang-karang ini yaitu tempat pesembunyian  mereka.


Kunjungi juga wisata Pantai Baron yang memiliki banyak spot foto terkini.


Spot Foto Area Pantai Sundak Gunung Kidul


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/dikiwahyusetiaanggara/

Pepohonan yang menjulang tinggi dan hadirnya panggung menciptakan tempat ini memiliki spot-spot yang cukup menarik untuk diabadikan ke dalam foto dan gambar. Oleh alasannya yaitu itu, jangan hingga ketinggalan membawa kamera yang mumpuni.


Selain pepohonan, kedua karang yang terletak di kanan dan kirinya juga dihentikan dilewatkan. Karang-karang ini pun yang menjadi pembatas dengan pantai lainnya.


Keduanya ini, menjadi ciri khas yang tidak akan sanggup terhindarkan dari objek wisata yang  jaraknya tak jauh dari pantai Indrayanti.


Baca juga Pantai Seruni yang masih jarang diketahui wisatawan.


Penginapan Sekitar


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/dwi_klara13/

Menikmati tempat Gunung Kidul memang menciptakan kita lupa waktu. Oleh alasannya yaitu itu, anda wajib mencari penginapan yang nyaman dan sesuai dengan budget yang ada. Tidak usah mencari terlalu jauh alasannya yaitu di sekitar sundak sudah tersedia beberapa penginapan yang tidak sala untuk di coba.


Rekomendasi pertama yaitu Omah Sundak. Penginapan ini cukup bersahabat dengan pantai dengan akomodasi kamar mandi dan lingkungan yang higienis niscaya menciptakan anda nyaman mencicipi suasanan malam di sini. Harga per kamarnya pun cukup terjangakau dengan harag 225 ribu rupiah per malam. Akan naik jika di week end dan tiba hari libur.


Selanjutnya yaitu penginapan Pratama. Jarak dari objek wisata hanya  400 meter saja. tempatnya bersih. Ada yang memakai ac dan tidak, anda sanggup memilihnya sendiri. Untuk pemiliknya sendiri cukup ramah. sehingga, anda akan puas berada di sini. per malamnya anda akan ditarik 250 ribu rupiah saja.


Selain penginapan, kita juga sanggup mendirikan tenda disini. Karena, Pantai sundak sudah ramah bagi mereka yang pergi dengan cara backpacker atau ingin menyatu dengan alam. Menikmati malam dengan api unggun dan bercengkrama dengan sobat yaitu kenikmatan yang sulit untuk ditemukan.


Lihat juga Pantai Indrayanti yang merupakan destinasi terpopuler di gunung kidul.


Menikmati Kuliner Laut


 Pantai Sundak yaitu salah satu solusinya Pantai Sundak Gunung Kidul
foto : https://www.instagram.com/sophiana_w/

Setelah puas bermain air, niscaya perut akan terasa keroncongan. Oleh alasannya yaitu itu, saatnya untuk berburu ke beberapa warung yang menyediakan banyak sekali macam kebutuhan makanan menyerupai sajian seafood yang siap menggoyang pengecap anda.


Ada banyak sekali macam ikan yang tersedia di Lokasi wisata pantai sundak dan siap untuk di santap. Mulai dari ikan kakap, kerapu, nila, gurame, cumi, udang, hingga lobster juga ada disini. menariknya anda sanggup menentukan pribadi ikan mana yang akan menjadi santapan.


Ada banyak sekali macam cara menikmatinya sanggup digoreng, di bakar, atau di beri bumbu khas menyerupai asam manis, bumbu rica, dan masih banyak lagi variannya. Dari segi harga pun tidak terlalu mahal. Bisa dibilang sangat ramah di kantong.


Jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Banyunibo yang lokasinya masih berdekatan.


Pantai Sundak yaitu kepingan keindahan yang berasal dari Yogyakarta. Kawasan ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati suasana pantai berbeda dari yang lainnya. Kesejukan dan keteduhannya memang sanggup dibilang juara disini. Jadi, jangan hingga anda melewatkan segala suasana dan nuasan yang ada di sini ya.



Please write your comments