Tempat Menarik Di Lombok - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Tempat Menarik Di Lombok

Tempat Menarik Di Lombok

Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan banyak sekali. Kawasan ini bisa menjadi pesaing sekaligus, sahabat terbaik pulau dewata dalam menampung wisatawan. Baik dari dalam negeri dan mancanegara yang seakan menjadi tujuan utama. Tidak heran memang, Lombok mempunyai keindahan alam super kece.


Selain itu, kebudayaan yang masih di junjung tinggi juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan tiba ke tempat ini. Beberapa dari mereka niscaya akan rindu dengan keramahan yang dihadirkan di beberapa rumah sopan santun di Lombok.



Daftar Tempat Menarik di Lombok


Mungkin, dikala ini wisatawan mulai ingin tau dengan beberapa daerah wisata di sini. Daripada berlama-lama mari kita simak, penjelajahannya di bawah ini.


1. Gunung rinjani


Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan aneka macam Tempat Menarik di Lombok
foto: https://www.instagram.com/vaniairwanti_/

Siapa tak kenal Gunung rinjani, daerah wisata di lombok island ini menjadi, harapan bagi seluruh pendaki. Bahkan, pendaki mancanegara pun ikut bermimpi naik daerah yang mempunyai ketinggian 3.726 mdpl. Kawasan ini merupakan pecahan dari Taman Nasional yang mempunyai luas kurang lebih 76.000 ha.


Salah satu alasan mengapa banyak yang ingin mendaki disini ialah hadirnya segara anakan yang super kece. Pesona danau yang berwarna biru ini menjadi sajian khas yang tidak akan terlupakan oleh para pendaki. Banyak yang berlama-lama untuk menikmati daerah ini. ibarat halnya, ranu kumbolo yang ada di Semeru.


Uniknya, di pinggir danau segara anak wisatawan bisa melihat bagaimana megahnya gunung batujari yang letakya berada di tengah danau. Objek wisata ini masih mengeluarkan belerang dari kawah. Betapa menakjubkan sekali bila, wisatawan bisa hingga di titik ini. karena, mendaki Rinjani memang tidak semudah mendaki merbabu.


Bila wisatawan berhasil mendaki hingga ke puncaknya. Wisatawan bakal disuguhkan dengan pesona langit dan lautan awan yang indahnya bukan main. Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sebuah nirwana yang bisa dinikmati dari atas. Kepuasan dan kesenangan itu seakan menjadi sebuah harta terindah.


Menariknya lagi, di tempat ini mempertemukan tanaman dan fauna tipe asia serta Australia. Selain itu, ada juga pemandian air panas alami bagi wisatawan yang mungkin lelah berjalan, dan ingin rehat dan santai sejenak, menikmati suasana yang selalu menghadirkan rasa tenang dan damai.


Keindahan tempat ini tidak berhenti hingga disini saja. wisatawan akan disuguhkan dengan goa alami yang sudah usang ada. Stalaktit dan stalagmitnya pun benar-benar mengesankan. Nah, ada lagi ini, padang savanna yang epic banget.


Perpaduan warna hijau di tambah dengan warna kuning dari sinar matahari, menciptakan daerah ini seakan mempunyai jiwa yang tak terlihat.Terakhir, ialah sisi romantis dari objek wisata andalan Lombok. Sunrise yang tidak pernah terdustakan keindahannya. Bisa di bilang, tempat ini mempunyai sinar sang fajar yang lebih kece dibandingkan Bromo.


Kunjungi juga: Tempat Menarik di Jogja yang terkini paling cantik.


2. Gili Trawangan


Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan aneka macam Tempat Menarik di Lombok
foto: https://www.instagram.com/balilifeliving/

Tempat menarik di lombok untuk di lawati selanjutnya ialah tiga gili yang sangat terkenal. Salah satunya ialah Gili Trawangan yang menjadi tempat paling esoktis. menuju ke daerah ini, wisatawan wajib tiba ke pelabuhan bangsal yang menjadi gerbang awal menuju ke Gili Trawangan. Nah, jalan dari Mataram menuju ke Pelabuhan Bangsal membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam


Setelah hingga di pelabuhan wisatawan wajib untuk menitipkan kendaraannya di pelabuhan ini. harga penitipannya pun cukup murah hanya 10 ribu saja per malamnya. Menariknya lagi, di pulau ini kebanyakan ialah wisatawan mancanegara yang memang sudah terbius dengan tempat ini.


Walaupun, banyak Wisatawan mancanegara tetap masih ada penduduk lokalnya juga lho. Nah, penduduk Gili Trawangan tinggal di pecahan tengah pulau. Bagi wisatawan yang ingin menginap bisa menentukan homestay yang ada di tengah pulau. Karena, mempunyai harga yang cukup murah. Maklum saja, alasannya ialah dikelola oleh penduduk lokal.


Bila, mencari penginapan di pinggir pantai, harga sangat mahal alasannya ialah sudah dikelola oleh para investor. Wisatawan yang tiba ke tempat ini, harus sedikit berhati-hati karena, daerah ini ada banyak kucing yang akan menyambut. Saat wisatawan menginjakkan kaki pertama kali di sini.


3. Rumah Adat Desa Sade


Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan aneka macam Tempat Menarik di Lombok
foto: https://www.instagram.com/tourlombok.co/

Tempat menarik di lombok bersahabat bandara ialah rumah sopan santun Desa Sade yang di huni oleh suku orisinil sasak, dimana menjadi penghuni Lombok semenjak lama. Di tempat ini, semua kebudayaan  dan sopan santun tradisional ada di daerah ini. di Tempat ini pula, wisatawan bisa mencicipi bagaimana sopan santun istiadat itu masih tetap terjaga dari dahulu hingga sekarang.


Arsitektur rumah di desa ini masih sangat terjaga dengan baik. Mereka seakan tidak terpengaruh dengan bentuk rumah kekinian yang aduhai. Desa Sade mempunyai dua jenis bangunan. Pertama ialah Bale Tani dimana tempat ini dipakai untuk bangunan tempat tinggal.


Kedua ialah lumbung, dimana bangunan ini dipakai untuk menyimpan hasil panen dan segala kebutuhan. Desa ini merupakan tempat penghasil kain tenun ternama di Lombok. Biasanya wisatawan yang ada disini akan membeli kain hasil tenun dari desa ini yang dijadikan cinderamata wajib kalau berkunjung ke Lombok.


Kunjungi juga: Tempat Menarik di Bangkok yang cocok untuk pelancongan dikala ini.


4. Bukit Merese


Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan aneka macam Tempat Menarik di Lombok
foto: https://www.instagram.com/giatma_da/

Wisata di lombok tengah di sebut juga dengan nama Merisik yang artinya ialah bukit gundul. Mengapa dinamakan bukit gundul? Karena, wisatawan tidak akan menemukan pohon lain, selain sebuah pohon yang ada di ujung bukit. Pohon ini pula disebut dengan pohon bingung karena, hanya sendirian menunggu daerah ini.


Momen paling aduhai di daerah ini ialah melihat bagaimana indahnya matahari terbit dan juga matahari terbenam. Tetapi sebelumya, wisatawan harus naiki ke bukit terlebih dahulu. Memang cukup sulit, tetapi bisa mengalihkan perhatian dan membuai setiap orang yang tiba ke tempat ini.


Rerumputan hijau di daerah ini, juga menambah keindahan yang tidak bisa terhindarkan. Bukit merese memang menjadi daerah yang paling tepat untuk menikmati kesendirian. Bersama dengan pohon galau, menikmati semilir angin yang cukup sejuk dan teduh ialah nuansa yang tidak boleh terlewatkan.


5. Air Terjun Sedang Gile


Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan aneka macam Tempat Menarik di Lombok
foto: https://www.instagram.com/nisaifty/

Tempat Menarik di Lombok ini berada di kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Mempunyai suhu sangat sejuk. Airnya pun hirau taacuh dan menyegarkan karena, berasal dari mata air gunung rinjani. Kawasan ini merupakan salah satu dari sekian titik pendakian gunung tertinggi ke tiga di Indonesia itu.


Nama penderasan ini dinamakan sendang gile karena, ketidaksengajaan para warga yang tidak sengaja menemukan tempat esoktis ini. waktu itu, para warga sedang mengejar singa asing yang selalu meresahkan. Hingga akhirnya, mereka memberanikan diri untuk menangkap binatang tersebut.


Para warga menyebut singa asing ini dengan nama sengang gile. Nah, berdasarkan pelafalannya, sengang gile bermetamorfosis sendang gile. Dimana, sendang sendiri artinya ialah air terjun. Dan gile berasal dari singa asing yang dikejar oleh warga.


Menuju ke daerah ini memang diharapkan kerja keras. Karena, wisatawan harus melewati kurang lebih 500 anak tangga. Dengan pesona hijau dari pepohonan yang menjulang tinggi. Air terjun ini sendiri mempunyai ketinggian 30 meter dan berada di 600 mdpl.


Keindahan penderasan ini hadir dari terjunan air dari tebing yang pribadi terjun ke sungai yang ada di bawah. Nah, debit air disini tidak pernah surut walau memasuki demam isu kemarau. Terus saja deras ibarat yang dilihat. Wisatawan pun tidak di larang untuk berenang di sungai ini.


Kunjungi juga: Tempat Menarik di Jakarta yang terkini paling cantik.


6. Taman Narmada


Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan aneka macam Tempat Menarik di Lombok
foto: https://www.instagram.com/rico_chand/

Wisata di lombok barat ini menghadirkan keindahan sebuah taman yang tiada duanya. Keindahan daerah ini terlihat dari replika rinjani yang di bangun oleh Anak agung Ngurah Karangasem.


Nama narmada sendiri diambil dari nama anak sungai gangga yang mempunyai arti mata air atau sumber kehidupan. Luas daerah ini kurang lebih 3 ha. Dibangun pada tahun 1727 sebagai tempat pemujaan dan daerah peristirahatan dari raja pada dikala tiba demam isu kemarau. Di taman Narmada ini juga sering dipakai sebagai tempat upacara keagamaan umat hindu.


Awal dari pendirian daerah ini ialah hadirnya upacara Pujawali dimana, upacara ini diselenggarakan untuk persembahan kepada Ida Bathara. Karena, sudah renta dan tidak mampu lagi naik ke puncaknya yang mempunyai tinggi 3.276 mdpl. Akhirnya, sang raja membangun replikanya, biar upacara tersebut gampang dilakukan.


Mengunjungi daerah ini wisatawan harus membayar uang sebsar 6 ribu rupiah saja. daerah ini juga terdapat telaga ageng yang menjadi replika dari segara anakan. Di daerah ini pula terdapat salah satu dari delapan pura tertua di bali. Dengan bentuknya punden berundak. Di taman ini juga terdapat daerah suci, dimana wanita yang tiba bulan tidak boleh memasuki daerah ini.


7. Pantai Tanjung Bloam


Tempat Menarik di Lombok memang bermacam-macam dan aneka macam Tempat Menarik di Lombok
foto: https://www.instagram.com/pavolmosny/

Inilah ia wisata lombok timur yang megah dan membahana. Kawasan pantai yang memang belum terlalu populer ibarat pantai senggigi. Tetapi, tempat ini mempunyai pesona yang lebih dari beberapa pantai yang ada di Lombok. Sehingga, menjadi daerah yang tidak boleh lupa untuk dikunjungi.


Keunikan dari daerah ini ialah salah satu daerah yang dipakai sebagai tempat untuk konservasi penyu yang berada di pinggir pantai. Objek wisata ini juga mempunyai keindahan pasir pantainya yang sangat mempesona. Keindahan pasir ini memang bisa menghadirkan pesona yang tidak akan terlupakan.


Air maritim disini berwarna biru membiru. Sehingga, menghadirkan perpaduan alam yang sangat menawan siapa pun niscaya akan terbius untuk berlama-lama di tempat ini. ada spot suplemen yang sangat menawan, dimana ada perahu-perahu nelayan yang akan menyandarkan kapalnya di tepi pantai.


Selain itu, ada batuan cadas yang menambah pemandangan Tanjung Bloam menjadi ibarat sebuah lukisan para pelukis ternama. Batuan cadas disini ada dua dan seakan mengapit daerah ini. sehingga, panorama yang dihadirkan menjadi sangat tepat untuk diabadikan di dalam foto dan juga gambar.


Apabila, wisatawan ingin melihat keindahan sebenarnya dari Pantai Tanjung Bloam. Naiklah sedikit ke bukit, memang membutuhkan tenaga dan keringat. Tetapi, sesudah hingga diatas, decak kagum tidak akan pernah terhenti. Pesonanya, memang menjadi nirwana yang tidak bisa dihindarkan.


Berada di sini, disarankan untuk berhati-hati. Dikarenakan, ombaknya yang cukup deras. Sehingga, wisatawan bisa saja terseret arus air. Jangan hingga terlena dengan daerah ini ya, tetap berjaga-jaga.


Peta tempat Menarik Lombok



Ulasan Sebelumnya:



Lombok memang daerah yang esoktis. menghadirkan beberapa nirwana yang tersembunyi. Ayo berkunjung ke beberapa tempat menarik di Lombok. Karena, kalian Lombok bisa bangun dan menjadi daerah wisata terbaik di dunia lagi. Jangan lupa ajak teman, sahabat, dan keluarga untuk menikmati Lombok yang sedang bangun dari tidurnya.



Please write your comments