Umbul Ponggok Klaten, Kawasan Seru Untuk Snorkelling - Sobat Travels - Informasi Tempat Wisata & Kuliner Populer

Umbul Ponggok Klaten, Kawasan Seru Untuk Snorkelling

Umbul Ponggok Klaten, Kawasan Seru Untuk Snorkelling

Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling – Umbul Ponggok ialah salah satu objek wisata di Klaten – Jawa Tengah yang kini ini sedang kekinian, aneka macam foto – foto yang beredar yang sosmed yang menawarkan perihal keindahan umbul ponggok tersebut.


Umbul Ponggok sendiri merupakan sebuah bak alami yang sangat jernih airnya. Keindahan pemandangan di bawah air serta ikan yang warna – warni menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Umbul Ponggok terdiri dari dua kata, yaitu Umbul dan Ponggok, Umbul mempunyai arti mata air/ tuk, sedangkan Ponggok diambil dari nama sebuah desa kawasan umbul ponggok berada. Jika diartikan secara pribadi umbul ponggok mempunyai arti mata air yang berada di desa Ponggok.


Selain pemandangan yang memukau, umbul ponggok juga menyediakan wisata snorkelling, jadi untuk Anda yang tidak mempunyai kesempatan untuk snorkelling di taman – taman maritim yang indah, kini di Klaten terdapat lokasi snorkelling yang asyik. Anda tak perlu takut terbawa gelombang, alasannya ialah kawasan snorkelling kali ini bukanlah maritim melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih berjulukan Umbul Ponggok.


Kolam alami ini sudah ada semenjak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Berbeda dengan bak renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar menyerupai di bawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak anyir alasannya ialah airnya mengalir terus. Selain sebagai kawasan snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar – benar menyelam di laut.


Bagi wisatawan yang tidak sanggup berenang maupun tidak ingin snorkelling sanggup naik bahtera kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi bawah umur tersedia bak berukuran pendek yang sanggup dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air.


Baca Juga : Rekomendasi 11 Tempat Wisata di Kudus dan sekitarnya


Lokasi Wisata Air Umbul Ponggok


Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.


Harga Tiket Umbul Ponggok


Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 per orang (hari libur) dan Rp. 3.000,-/ orang (hari biasa), serta parkir sebesar Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 4.000,- untuk kendaraan roda empat.


Selain itu juga terdapat beberapa peralatan yang disewakan, yaitu :



  • Kaki katak : Rp 5.000,-

  • Snorkel : Rp 10.000,-

  • Pelampung : Rp 5.000,-

  • Ban : Rp 5.000,-

  • Kacamata Renang : Rp 10.000,-


NB : Harga sewa sanggup berubah sewaktu – waktu.


Rute Menuju Umbul Ponggok


Dari arah timur (Solo)


Buat kami yang dari solo, sukoharjo, karanganyar, wonogiri, magetan atau ngawi, rute terdekatnya ialah melalui jalan raya Solo – Yogyakarta. Setelah melewati Delanggu berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten di kiri jalan.


Terminal ini terletak pada persimpangan lampu bangjo (lapu merah/ traffic light) yang menuju ke Desa Ponggok. Dari sini ambilah arah ke kanan dan ikuti jalan hingga bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan pada pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil arah kanan, ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.


 Umbul Ponggok ialah salah satu objek wisata di Klaten  Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling


Dari arah barat (Prambanan, Jogja, Sleman, Purworejo, Kebumen)


Buat kau yang dari dari arah Jogja, rutenya ialah melalu jalan raya Yogyakarta-Solo. Sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro lurus saja (lewat kota dan jalannya searah) sampe menuju GOR Gelarsena Klaten.


Setelah hingga GOR silakan ambil kiri ke arah Jatinom/ Polanharjo hingga ketemu persimpangan bersahabat Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan. Ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.






style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-5622940348702198"
data-ad-slot="2280901457"
data-ad-format="link">




Dari arah utara (Boyolali, Salatiga, Semarang)


Buat kau yang dari arah Boyolali pribadi menuju klaten melalui jatinom. Setelah hingga pasar jatinom ambil arah menuju ke terminal penggung.


Sebelum hingga terminal kau akan lihat Markas Koramil di kanan jalan di bersahabat pertigaan. hingga di Koramil ambil kiri dan ikuti jalan dan Umbul ponggok sudah terlihat.


Salah satu hal yang harus dilakukan ketika berada di Umbul Ponggok ialah melaksanakan sesi pemotretan di dalam air. Bagi wisatawan yang tidak mempunyai kamera underwater tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam.


Baca Juga : Umbul Sidomukti Bandungan dan Pondok Kopi Semarang


Jika ingin melaksanakan pemotretan di Umbul Ponggok klaten , wisatawan disarankan tiba pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkan pada simpulan pekan Sabtu – Minggu untuk hasil yang memuaskan disarankan tiba pukul 07.00 – 09.00 WIB. Pemotretan di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih anggun lantaran air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan sempurna di atas kepala. Selain itu pada siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak sanggup leluasa mencari spot foto yang bagus.



Please write your comments